INDONESIAN EFL STUDENTS' ENGAGEMENT IN ONLINE LANGUAGE LEARNING PLATFORM
Keterlibatan siswa termasuk kedalam aspek mendasar yang juga harus dipertimbangkan oleh para pengajar. Selain itu, penerapan e-learning atau pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar saat ini disarankan oleh beberapa pihak di sector pendidikan. Melibatkan siswa dengan menggunakan platform pembelajaran bahasa secara daring dalam proses pembelajaran membuat para siswa memaknai pengalaman belajar dengan baik. Hasilnya, jika peserta didik termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, prestasi yang baik juga akan terlihat dari siswa maupun siswi. Namun, dalam konteks EFL Indonesia, ada banyak guru yang melakukan pelajaran bahasa Inggris dengan dukungan media e-learning di sekolah. Sedikit dari mereka memperhatikan sejauh mana keterlibatan siswa memengaruhi prestasi mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil statistik keterlibatan siswa EFL dalam platform pembelajaran daring serta tiga tingkat keterlibatan (tinggi, sedang, rendah) di seluruh prestasi siswa.
Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tanpa penelitian eksperimen. Data terkumpul melalui kuesioner dan skor ulangan harian siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA, dengan jumlah total 202 siswa di salah satu sekolah EFL Indonesia. Penelitian ini menerapkan desain ex post facto. Kemudian, dalam menganalisis data, beberapa langkah dilakukan dengan menggunakan Uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlibatan siswa dalam statistik deskriptif. Dan, berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis, ditunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam nilai siswa antara tiga tingkatan dari keterlibatan siswa. Selain itu, Mann-Whitney U diterapkan untuk mengetahui dua tingkat keterlibatan siswa yang memiliki perbedaan signifikan secara statistik.
Kata kunci: Keterlibatan siswa, pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pembelajaran daring.
Students’ engagement is a fundamental aspect that also should be considered by instructors. Additionally, the implementation of e-learning in the teaching and learning process currently is suggested by several educational parties. Engaging students by using online language learning platforms in the learning process can give them meaningful learning experiences. As result, if learners who positively motivated in the learning activity, a good achievement will also be seen. However, in the Indonesian EFL context, there are teachers who conduct English lessons by e-learning supports in the school without noticing to what extent students' engagement affecting their achievement. Therefore, this study aims to reveal the statistical results of EFL students' engagement in online learning platforms as well as three classified engagement levels (high, moderate, low) across students' achievement.
The design of this study was non-experimental quantitative research. The data were collected through questionnaire and students’ daily test scores. The population is the eleventh grade of senior high school, with a total number of 202 students in one of the Indonesian EFL schools. Ex post facto research design was applied in this study; then, the data was analyzed through several steps by using Kruskal Wallis Test. The results of this study showed the students’ engagement in descriptive statistics. Also, the output of the Kruskal Wallis test indicated that there was a significant difference in students’ achievement across students’ engagement levels. Moreover, Mann-Whitney U was applied to find out which engagement levels of students who have a significant difference statistically.
Keywords: Students’ engagement, EFL learners, online learning.