The Psychological Well-being of Dual Role Mothers with an Early Age Child
Ibu peran ganda seringkali menghadapi berbagai tantangan akibat tuntutan dari pekerjaan dan perannya sebagai orang tua, khususnya mereka yang baru memiliki satu orang anak usia dini. Namun, dengan adanya dukungan dari keluarga dan lingkungan tempat bekerja, peran ganda dapat dimaknai melalui sudut pandang yang positif sehingga ibu peran ganda mampu mencapai kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesejahteraan psikologis pada ibu peran ganda dalam pengalaman pertama mengasuh anak usia dini sekaligus perannya sebagai pekerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima ibu yang memiliki satu orang anak berusia 0-5 tahun dan bekerja di sektor formal swasta. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode member checking. Hasil penelitian menunjukkan keenam dimensi kesejahteraan psikologis saling berkaitan antara satu dengan lainnya sehingga akhirnya membentuk kondisi kesejahteraan psikologis pada ibu peran ganda yang memiliki anak usia dini. Dimensi penguasaan lingkungan berperan penting terhadap keberhasilan subjek dalam mengelola dan menyeimbangkan peran ganda.
Dual role mothers often face various challenges due to the demands of their job and their role as a parent, especially those who have an early age child. However, with support from family and the workplace, dual roles can be interpreted from a positive perspective so that dual role mothers are able to achieve psychological well-being. This research aims to examine the psychological well-being of dual role mothers in their first experience of raising an early age child while simultaneously fulfilling their role as workers. This research used a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection was conducted through semi-structured interviews involving five mothers who had one child aged 0-5 years and worked in the formal private sector. The data was analyzed using Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) as data analysis techniques. The validity of data in this research used member checking method. The results of the research showed that the six dimensions of psychological well-being are interconnected, ultimately forming the psychological well-being condition of dual role mothers with a young child. The environmental mastery dimension plays an important role in their ability to balance their dual role.