ABSTRAK
Lailiyah, Sarah. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dengan Menggunakan Strategi Membaca. Pembimbing: Arik Susanti, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Strategi Membaca dan Teks Eksposisi Hortatory.
Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah salah satu keterampilan paling penting yang harus dikuasai siswa. Itu karena keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah komponen kunci dari kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah seseorang. Namun, penerapan pembelajaran berorientasi berpikir tingkat tinggi masih menghadapi banyak masalah, baik untuk guru atau siswa. Banyak penelitian sebelumnya telah mencoba menemukan strategi terbaik untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi membaca dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam teks eksposisi hortatory atau tidak.
Sebuah studi eksperimental telah diatur untuk mencapai tujuan ini. Subjek penelitian ini adalah dua kelas siswa kelas sebelas di MAN 1 Mojokerto yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok dipilih secara acak dengan menggunakan cluster random sampling. setelah itu, penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen yang pre-test dan post-test. Selain itu, Independent Sample T-test dan Paired Sample T-test digunakan untuk menganalisis data.
Hasil Paired Sample T-test menunjukkan tingkat signifikansi, 000. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam skor siswa eksperimen sebelum dan sesudah perawatan. Eta Squared juga menunjukkan efek besar sebesar 0,90. Selain itu, hasil Independent T-test sampel menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata post-tes antara kedua kelompok di mana kelompok eksperimen mendapat skor rata-rata lebih besar daripada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan level signifikan yang menunjukkan level .000 dan Eta Square menunjukkan nilai sebesar 0,83. Setelah itu, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui teks eksposisi hortatory dengan menggunakan strategi membaca. Selain itu, semoga dapat memberikan wawasan baru bagi guru dan penelitian lebih lanjut untuk menerapkan strategi ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
ABSTRACT
Lailiyah, Sarah. 2019. The Improvement of Students’ Higher Order Thinking Skills by Using Reading Strategies. Advisor: Arik Susanti, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Higher Order Thinking Skills, Reading Strategies and Hortatory Exposition Text.
Higher order thinking skills is one of the most important skills that the students need to master. It is because higher order thinking skills is a key component of someone’s critical thinking and problem solving skill. However, the implementation of higher order thinking oriented learning still face so many problems, either for the teacher or students. Many previous studies have tried to find the best strategies to enhance students’ higher order thinking skills. The purpose of this study is to discover whether the use of reading strategies can improve students’ higher order thinking skills in hortatory exposition text or not.
An experimental study was arranged in order to pursue this objective. The subjects of this study are the two classes of eleventh graders in MAN 1 Mojokerto which divided into experimental and control group. The groups were chosen randomly by using cluster random sampling. afterwards, this study was using tests as instruments which are pre-test and post-test. Moreover, Independent Sample T-test and Paired Sample T-test were used to analyze the data.
The results of Paired Sample T-test show the significant level of ,000. It indicates that there is a significant different in experimental students’ score before and after the treatments. The Eta Squared also shows a large effect equal to 0,90. Moreover, the results of Independent Sample T-test shows that there is a significant different between mean score of post-tests among both groups where experimental group got greater mean score than control group. It is proven by the significant level which show .000 level and the Eta Square shows value equal to 0,83. Afterwards, it can be concluded that there is improement on students’ higher order thinking skills through hortatory exposition text by using reading strategies. Furthermore, hopefully can give a new insight for the teacher and further research to implement these strategies to improve students’ higher order thinking skills.