Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran video tutorial yang layak digunakan sebagai media bembelajran pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X SMK Negeri 2 Blitar. Pengembangan 4D yaitu, tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran (Desiminate). Tahap pengembagan yang dikembangkan peneliti hanya sampai pada dahap pengembangan, tahap penyebaran tidak dilakukan dikarenakan tidak dilakukannya analisis secara luas.
Instrument yang dilakukan oleh peneliti ini meliputi lembar telaah, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar angket respon siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar, di uji cobakanpada siswa X Bisnis Daring dan Pemasara 2 dari uji coba kelompok kecil 10 siswa, dan uji cobakan kelompok besar di ujicobakan pada kelas X Binsis Daring dan Pemasaran 3 sebanyak 20 siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X SMK Negeri 2 Blitar dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dari data nilai presentase Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 90%. Validasi ahli media memperoleh scor rata-rata sebesar 85%. Dan respon siswa memperoleh scor rat-rata seluruh sebesar 90%. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial pada mata belajaran komunikasi bisnis kelas X SMK Negeri 2 Blitarini termasuk dalam kreteria sangat layak.
Research and development is carried out with the aim to produce a product in the form of instructional media video tutorial on the subjects of product knowledge class X student of public vocational high school 2 Blitar. 4D progression that is, the definition phase (Define), the planning stage (Design), stage of development (Development), and the deployment phase (Desiminate) developed of the research. The development stage reached the stage of development, deployment phase does not do because there is no comprehensive analysis.
Instruments made by these researchers includes study sheets, expert validation sheet material, sheet media expert validation, and seet media student questionnaire responses to this learning. The research conducted in Vacational high school 2 Blitar, test in class X student business online and marketing 2 of the trial group small 10 students, and a large group trial test in marketing 3 class X as many as 20 students.
Results of research and development carried out in the from of instructional media video tutorial of product knowledge class X student of vocational high school 2 Blitar otherwise very suitable to use. This is evidenced from the data value of the percentage of expert validation material obtained an average score of 90%. Validation of media experts obtained an average score of 85%. With this we can conclude that instructional media video tutorial of product knowledge class X student of high school 2 Blitar is included in the criteria is very decent.