KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA TAMBAKMERAK KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya kualitas pelayanan publik dan faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Desa Tambakmerak Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang Kasi Pelayanan sebagai informan kunci, 1 orang petugas pelayanan dan 6 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya kualitas pelayanan publik di Desa Tambakmerak Kabupaten Bojonegoro disebabkan oleh beberapa indikator yang ada dalam dimensi Tangibel, Realiability, dan Emphaty belum diterapkan sesuai dengan standar pelayanan. Adapun indikator yang belum berjalan sesuai dengan standar pelayanan yaitu (1) Dimensi tangible (bukti fisik) yaitu ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum lengkap. (2) Dimensi reliability (kehandalan) yaitu belum ahlinya pegawai dalam menggunakan alat bantu pelayanan. (3) dimensi empathy (empati) yaitu ketidakramahan pegawai dalam proses pelayanan. Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Desa Tambakmerak Kabupaten Bojonegoro yaitu masalah kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia, kurangnya koordinasi dengan pemerintah desa serta masih terbatasnya sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Desa Tambakmerak
ABSTRACT
Name : ARYK WIJAYANTO
NIM : 21040674466
Study Program : Bachelor's degree
Major : Public Administration
Faculty : Social Sciences and Law
Name of Institution: Surabaya State University
Supervisor : Dra. Meirinawati, M.AP
The Research Is Purposed To Find Out The Cause Of Low Service Quality And Factor Inhibiting The Delivery Of Public Service In Tambakmerak Village Kasiman DistrictT Bojonegoro Regency.The research is qualitative descritive research, that is research aimed at illustrate and describe events and phenomena that occur in the field and presenting data systematically, factually, and accurately about the facts and phenomena that occur in the field. Data gathering technique was did by observation, interview, and documentation. As for this research informants are 1 head of public service as key informan, 1 person service officer and 6 persons public service user's as as supporter informants. Data analysis in this research use 3 components which consist of data reduction, data presentation, and conclusion. Data validity checking was did by triangulation, member check and reference materials.The result showed that the low public service factor at Tanjungsari District Bojonegoro Regency ia caused by Tangi ke, Realianility, and Emphaty dimention indicators that did not applied yet as service standard.The indicators that did not run yet as service standard are (1) Tangible dimention (physical proof) that is the uncomfortable of service place included tools and infrastructure that not complete yet. (2) Reliability dimention that is the officer that did not skilled at service tools using. (3) Emphaty dimention that is the unfriendly officer in the service processornya.Inhibiting factors in public service implementation at Tanjungsari District Bojonegoro Regency is about quality and quantity of Humaniora Resource, the less of coordination to the village governments and limited of tools and infrastructure.
Keywords: Public Service Quality, Tambakmerak Villag