Pandangan Pascakolonial terhadap Penerapan Mimikri dalam My Name is Khan
Postcolonial Views on the Application of Mimicry in My Name is Khan
Istilah poskolonial terdiri dari 'post' yang berarti sesudah dan 'kolonial' yang berarti kolonialisme. Itu dapat disimpulkan bahwa postkolonial adalah masa setelah kolonialisme. Homi K. Bhabha adalah seorang tokoh terkemuka dalam studi pascakolonial. Dia adalah tokoh utama dalam studi postkolonial dan sangat dipengaruhi oleh teori poststrukturalis Barat. Salah satu film yang mengandung postkolonial adalah My Name is Khan karya Karan Johar tentang diskriminasi yang ditunjukkan oleh perlakuan Amerika terhadap Muslim. Dari konteks film terlihat bahwa konsep poskolonial yang lebih dominan oleh Homi K. Bhabha adalah mimikri. Mimikri mengacu pada situasi di mana orang-orang terjajah mencoba meniru penjajah dan tiruannya tidak pernah sama. Tiruan yang berbeda menjadi ejekan bagi penjajah dan ejekan ini sebenarnya adalah cara orang terjajah untuk melawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mimikri yang digambarkan dalam My Name is Khan dan bagaimana mimikri sebagai perlawanan atau tidak dalam My Name is Khan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menerapkan teori postkolonialisme Homi K. Bhabha yang diwujudkan dengan data dalam film. Data primer yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari film My Name is Khan berupa dialog, naskah, dan adegan. Selain itu, data sekunder seperti artikel, e-journal, e-book, dan sumber online lainnya digunakan untuk mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep postkolonial Homi K Bhabha yang lebih dominan dalam My Name is Khan adalah mimikri.
The term postcolonial consists of 'post', which means after and 'colonial', which means colonialism. It can be concluded that postcolonial was the period after colonialism. Homi K. Bhabha was an outstanding figure in postcolonial studies. He was the main figure in postcolonial studies and was vigorously influenced by Western poststructuralist theory. One of the films that contain postcolonial is My Name is Khan by Karan Johar, about the discrimination shown by America's treatment of Muslims. From the context of the film, it can be seen that the more dominant concept of postcolonial by Homi K. Bhabha is mimicry. Mimicry refers to a situation where the colonized people try to imitate the colonizer, and the imitation is never the same. Different imitations become ridicule for the colonizers, and this mockery is actually the colonized people's way of fighting back. The purpose of this study is to find out how does mimicry depicted in My Name is Khan and how mimicry is the resistance or not in My Name is Khan. This study uses a qualitative method by applying a theory of post-colonialism by Homi K. Bhabha, which is manifested by the data in the film. The primary data obtained in this study were taken from the film My Name is Khan in the form of dialogues, scripts, and scenes. In addition, secondary data such as articles, e-journals, e-books, and other online sources are used to support this study. The results show that the postcolonial concept of Homi K Bhabha, which is more dominant in My Name is Khan, is mimicry.