Hubungan antara Persepsi Dukungan Organisasi dengan Keterikatan Kerja pada Guru
The Relationship between Perceived Organizational Support and Work Engagement among Teachers
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan keterikatan kerja pada guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah guru berjumlah 45 orang. Penelitian ini dilakukan pada salah satu institusi pendidikan yaitu yayasan X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala ukur psikologis variabel persepsi dukungan organisasi dan variabel keterikatan kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pearson product moment dan penghitungan dilakukan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS versi 25.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi dengan keterikatan kerja. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,576 (r=0,576) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif atau searah. Semakin tinggi nilai persepsi dukungan organisasi, maka semakin tinggi pula keterikatan kerja pada guru. Sebaliknya, semakin rendah nilai persepsi dukungan organisasi, maka semakin rendah pula keterikatan kerja pada guru.
This research aims to determine the relationship perceived organizational support and work engagement among teachers. The method used in this research is a quantitative method with correlational analysis. The subjects in this study were 45 teachers. This research was conducted at one education institutions, namely X foundation. The instruments used in this study were psychological measurement scales for the variables of perceived organizational support and work engagement. The data analysis technique used in this research was the Pearson product-moment correlation, and the calculations were performed using the SPSS application program, version 25.0 for Windows. The results of the data analysis showed a significance level of 0.000 (p < 0.05), indicating a significant relationship between perceived organizational support and work engagement. The correlation coefficient obtained was 0.576 (r = 0.576), which means there is a positive or direct relationship. The higher the value of organizational support perception, the higher the job engagement among teachers.