Profil Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif.
Understanding Profile of Linear Equation 3 Variables System’s Concept of High School Students by Cognitive Style.
ABSTRAK
Didik Suliswanto. NIM 17070785029. Profil Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si, dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd
Kata Kunci : Profil, pemahaman konsep sistem persamaan linear tiga variabel, gaya kognitif
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMA yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT), dan memiliki kemampuan aljabar setara. Subjek penelitian terdiri atas dua siswa yakni satu siswa bergaya kognitif field independent dengan skor GEFT 15 dan satu siswa bergaya kognitif field dependent dengan skor GEFT 2. Subjek penelitian dipilih berjenis kelamin perempuan dan berkemampuan aljabar setara sesuai data yang diperoleh di lapangan yaitu 100 dan 100, agar terjadinya perbedaan pemahaman konsep siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel benar-benar disebabkan oleh perbedaan gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas pemecahan masalah dan wawancara. Untuk memeroleh data yang valid dilakukan triangulasi data, triangulasi data yang dilakukan adalah triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep sistem persamaan linear tiga variabel subjek yang memiliki gaya kognitif field independent memenuhi 3 indikator yaitu: (a) menyatakan pengertian sistem persamaan linear tiga variabel yang diberikan menggunakan bahasa sendiri, (b) memberi contoh dan bukan contoh yang termasuk sistem persamaan linear tiga variabel, dan (c) menggunakan konsep sistem persamaan linear untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Sedangkan pemahaman konsep sistem persamaan linear tiga variabel subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent hanya memenuhi 2 indikator yaitu: (a) memberi contoh dan bukan contoh yang termasuk sistem persamaan linear tiga variabel, dan (b) menggunakan konsep sistem persamaan linear untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
ABSTRACT
Didik Suliswanto. NIM 17070785029. Understanding profile of linear equation 3 variables system’s concept of High School Students by cognitive term. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate of Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si, and (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Keywords : Profile, comprehension of linear equation 3 variables system, cognitive term
This research aimed to describe the comprehension from high school student in here who has field independent and field dependent by cognitive term in order to solve problem of linear equation 3 variables. Research subject was choosen by Group Embedded Figures Test (GEFT) and those who has equal algebraic abilities. Research subject consisted of two students, one with independent cognitive field style student with 15 GEFT score, and the other ones is student who had field dependent cognitive style with 2 GEFT score. As the focused to get a clear fact about the difference of concept comprehension from the subject in order to solve problem of linear equation 3 variables by cognitive term, the researcher had choosen 2 female students with equal algebraic ability based of data obtained, 100 and 100 score. The method used in this research was qualitative method. Research datas were carried out by giving problem solving task and interviewing assignment. Triangulation of time was done to obtain valid data.
The result showed the understanding profile of linear equation 3 variables system’s concept of student with independent cognitive field style has met 3 indicators : (a) stated the definition of linear equation 3 variables system with his own words. (b) provided the example and distinguished which one was linear equation 3 variables and not, and (c) solved problem using the concept of linear equation system. In the other hand, student who had field dependent cognitive style had shown 2 indicators only, (a) provided the example and distinguished which one was linear equation 3 variables and not, and (b) solved problem using the concept of linear equation system.