Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Pada Materi Kebugaran Jasmani Melalui Sport Dragon Ladder
Development of PJOK Learning Media on Physical Fitness Material Through Dragon Ladder Sport
ABSTRAK
Anggraini, Yuniar. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Pada
Materi Kebugaran Jasmani Melalui Sport Dragon Ladder. Tesis, Program Studi
Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd. dan (II) Dr. Irmantara
Subagio, M. Kes.
Kata-kata Kunci: media pembelajaran, pjok, kebugaran jasmani, sport dragon
ladder.
Penelitian ini bertujuan mengkaji media pembelajaran Sport Dragon
Ladder yang meliputi (1) memberikan kontribusi aplikatif yang menarik bagi
siswa dalam pembelajaran PJOK (2) meningkatkan intensitas aktivitas fisik siswa
dalam pembelajaran PJOK.
Dalam penelitian ini model yang digunakan Research and Development
dengan menggunakan ADDIE sebagai model penelitian pengembangan.Model ini
terdiri dari lima tahapan, antara lain: 1) Analisis (Analyze) 2) Desain (Design) 3)
Pengembangan (Development) 4) Pelaksanaan (Implementation) dan 5) Evaluasi
(Evaluation). Uji coba kelompok kecil dilakukan pada kelas VII SMPN 1 Krian
dengan jumlah siswa 35 orang. Sedangkan untuk uji coba kelompok besar
dilakukan pada kelas VII SMPN 1 Krian dengan jumlah siswa sebanyak 100
orang. Instrumen penelitian, antara lain: instrumen ahli materi, instrumen ahli
media, instrumen kelayakan untuk guru PJOK, dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan skala 1-5 menggunakan skala likert.
Data kemudian dilakukan pengujian kelompok kecil memberikan
gambaran terkait media pembelajaran sport dragon ladder meliputi 3 aspek,
antara lain: kualitas tampilan media, materi dan isi, serta aspek kebermanfaatan.
Dari aspek tampilan mendapatkan skor 61,9 kemudian aspek materi dan isi
mendapatkan skor 69,8 dan aspek kebermanfaatan mendapatkan skor 61,3 yang
nantinya akan dikonversikan menjadi nilai dengan skala uji coba kelompok kecil.
Sedangkan uji coba pada kelompok besar terkait aspek kualitas tampilan
mendapat skor 62,6, aspek materi dan isi mendapatkan nilai 68,2 dan aspek
kebermanfaatan mendapatkan skor 59,1.
Sejalan dengan tujuan (1) dan (2), hasil penelitian setalah dilakukan
pengolahan data menunjukkan bahwa ketiga aspek diaatss masuk ke dalam
kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
sport dragon ladder memberikankontribusi aplikatif yang menarik bagi siswa dan
meningkatkan intensitasi fisik siswa dalam pelajaran PJOK seperti yang telah
tertuang pada tujuan penelitian ini.
ABSTRACT
Anggraini, Yuniar. 2023. Development of PJOK Learning Media on Physical
Fitness Material Through Dragon Ladder Sport. Thesis, Physical Education Study
Program, Pascasarjana, Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Dr. Drs.
Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd. dan (II) Dr. Irmantara Subagio, M. Kes.
Keywords: learning media, physical education, physical fitness, sport dragon
This research aims to examine the Sport Dragon Ladder learning media
which includes (1) providing interesting applicable contributions for students in
learning PJOK (2) increasing the intensity of students physical activity in
learning PJOK.
In this research, the model used is Research and Development using
ADDIE as a development research model. This model consists of five stages,
including: 1) Analysis (Analyze) 2) Design (Design) 3) Development
(Development) 4) Implementation (Implementation) ) and 5) Evaluation. Small
group trials were carried out in class VII of SMPN 1 Krian with a total of 35
students. Meanwhile, the large group trial was carried out in class VII of SMPN 1
Krian with a total of 100 students. Research instruments include: material expert
instruments, media expert instruments, feasibility instruments for PJOK teachers,
and questionnaires. The data analysis technique uses descriptive analysis on a
scale of 1-5 using a likert scale.
The data was then tested in small groups to provide an overview of the
Dragon Ladder sport learning media covering 3 aspects, including: the quality of
the media display, material and content, as well as the usefulness aspect. From
the appearance aspect it got a score of 61.9, then the material and content aspect
got a score of 69.8 and the usefulness aspect got a score of 61.3 which will later
be converted into a score on a small group trial scale. Meanwhile, trials in large
groups related to the display quality aspect got a score of 62.6, the material and
content aspect got a score of 68.2 and the usefulness aspect got a score of 59.1.
In line with objectives (1) and (2), the research results after data
processing showed that the three aspects were included in the very good category.
So it can be concluded that the dragon ladder sport learning media provides an
interesting applicable contribution for students and increases students' physical
intensity in PJOK lessons as stated in the objectives of this research.