Abstrak
Berdasarkan wawancara dengan pendidik bahasa Jerman SMAN 1 Driyorejo, didapatkan bahwa peserta didik membutuhkan peningkatan dalam keterampilan berbicara. Maka dibutuhkan media untuk mengatasi masalah ini. Beberapa media dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman, salah satunya adalah media pembelajaran video berbasis aplikasi PowToon. Media pembelajaran video berbasis aplikasi PowToon merupakan sebuah media yang berisi video-video animasi yang dibuat menggunakan aplikasi PowToon. Materi dan Latihan soal dalam media ini adalah lebensmittel einkaufen karena digunakan untuk kelas XI. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana proses pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi PowToon untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran video berbasis aplikasi PowToon untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan media menurut Asyhar, yang terdiri dari (1) menganalisis kebutuhan dan kereakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, (5) menulis naskah media, (6) mengadakan tes dan revisi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket diberikan kepada ahli materi dan media untuk validasi. Setelah melakukan validasi didapatkan hasil 100% untuk materi dan 86% untuk media. berdasarkan hal tersebut, media ini layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.
Kata Kunci: Media pembelajaran video berbasis PowToon, pengembangan, bahasa jerman
Abstract
Based on the interviews with SMAN 1 Driyorejo, it was found that the students need. So the teacher needs the media to answer the problem. Some media can be used to help learners of German-speaking skills, one of them is video learning media based powtoon. video learning media based powtoon is the media that contains animated videos use the powtoon application. the material and the questions of this media are about Lebensmittel einkaufen as it is used for class XI. In this study, the problem which discusses how is the process of developing video learning media based powtoon for learning German language skills. The purpose of the research is to develop video learning media based powtoon for learning German language skills. The development model used is a media development model according to Asyhar, which consists of (1) needs analysis and characteristics of learners; (2) to formulate learning objectives; (3) formulating material points; (4) develop evaluation instrumentts; (5) draft media; (6) validation; and (7) conducting trials/revisions. The instrument used is a questionnaire. Questionnaires are given to thematerial and media experts for validation. In the validation aspect, we get 100% resuts for the material and 86% for the media. based on this, the media is worthy used in learning German language skills.
Keywords: Powtoon-based video learning media, development, German language