Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gresik. Penelitin ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gresik yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian menggunakan sampel jenuh jadi seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah diuji dengan uji asumsi klasik.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gresik baik secara parsial maupun simultan. Dilihat secara parsial, hasil uji regresi berganda untuk variabel teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 0,426 atau sebesar 18,14% dan untuk variabel lingkungan keluarga sebesar 0,207 atau sebesar 4,28%. Dan secara simultan, nilai R square sebesar 0,291 atau sebesar 29,1% disiplin belajar dipengaruhi oleh teman sebaya dan lingkungan keluarga. Sedangkan sisanya sebesar 70,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata kunci: teman sebaya, lingkungan keluarga, disiplin belajar.
This study aims to investigate the effect of other friend and family environment on the discipline learning on the economic lesson of class X IPS at SMA Negeri 1 Gresik. this research quatitative research with data collection techniques using questionnaires, interview, and documentation. The population of this research was the students of class X IPS at SMA Negeri 1 Gresik, as much as 101 student. The sample in the student used saturated samples so that the entire population was used as samples. Data analysis technique used multiple linear regression analysis which a has been tested in classical assumption test.
The resut of showed that there was significant influence from peers and family invironment on the discipline of learning on the economic class X IPS in senior high school 1 Gresik both partially or simultaneously. Seen partially, the result of multiple regression test for peer variable give influence 0,426 or equal to 18,4% and for family environment variable 0,207 or equal to 4,28%. And simultaneously, the R square value of 0,291 or 29,1%. Discipline learning influenced by the peers and family environment. The remaining 70,9% is influenced by other variables outside the subject used in this study.
Keywords : peer Influence, family environment, discipline learning