METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB
OUTDOOR STUDY METHOD IN LEARNING NATURAL SCIENCES IN THE STUDY OF THE NATURE OF THINGS FOR CHILDREN WITH HEARING IMPAIRMENT IN A SPEECIAL SCHOOL
Anak tunarungu memiliki hambatan pada fungsi indra pendengaran, yang mengaharuskan anak tunarungu lebih mengedepankan fungsi penglihatan dari pada pendengaran yang berakibat menurunnya prstasi belajar ataupun tidak tercapainya tujuan pembelajaran yg sesungguhnya. Tujuan dari penelitian literature ini adalah untuk mengatahui penggunaan metode outdoor study dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi sifat-sifat benda untuk anak tunarungu di SLB apakah dapat memberi dampak positif bagi siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan kajian Pustaka dengan review literatur yang relevan. Hasil penelitian ini adalah membahas tentang metode outdoor study bagi anak tunarungu yang menunjukkan bahwa, jurnal yang relevan sejak tahun 2009 hingga saat ini menemukan konsep baru menganai Outdoor study yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa khususnya anak tunarungu.
Kata Kunci: Outdoor Study, Pembelajaran IPA, Anak Tunarungu
Children with hearing impairment have obstacles to the function of the sense of hearing, which requires children with hearing impairment to prioritize the function of vision rather than hearing which results in decreased learning conditions or not achieving the true learning goals. The purpose of this literature research is to know the use of outdoor study methods in learning science especially in the material properties of objects for deaf children in special school whether it can have a positive impact on students. The method used in this article uses a qualitative descriptive method approach. For data collection using literature review with relevant literature review. The results of this study are discussing the outdoor study method for deaf children which shows that, the relevant journal since 2009 until now found a new concept of funding outdoor studies that can increase motivation and learning achievement of students, especially deaf children.
Keywords: Outdoor Study, Science Learning, Deaf children