ABSTRAK
PENERAPAN MODEL SIKLUS
BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ANALISIS PADA MATERI
LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMAN 12 SURABAYA
Nama : Ellyana Firdaus
NIM : 1 5 0301940 30
Program
Studi :
Pendidikan Kimia
Jurusan : Kimia
Fakultas : Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam
Nama
Lembaga : Universitas Negeri
Surabaya
Pembimbing :
Muchlis, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterlaksanaan
model siklus belajar empiris induktif, aktivitas, kemampuan menganalisis materi
larutan elektrolit dan nonelektrolit serta respon siswa. Metode yang digunakan
yaitu One Group Pretest Posttest Design pada
Kelas X IPA 7 SMAN 12 Surabaya dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang. Perangkat
yang digunakan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja
siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan
keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, tes kemampuan analisis dan angket
respon. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan
pada pertemuan I diperoleh rata-rata 3,6 dan pertemuan II sebesar 3,7 keduanya
berada pada kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa berlatih analisis
mendapat persentase sebesar 60,75% di pertemuan I dan 74,08% di pertemuan II.
(3) Kemampuan analisis mendapat ketuntasan klasikal sebesar 88,89% dengan
persentase N-gain score kriteria tinggi, sedang dan rendah
berturut-turut sebesar 63,89%; 36,11% dan 0%. (4) Respon siswa setelah
diterapkannya model siklus belajar empiris induktif mendapat kriteria sangat
baik dengan persentase rata-rata respon positif sebesar 93,97%.
Kata Kunci : Siklus Belajar
Empiris Induktif, Kemampuan siswa dalam menganalisis, Elektrolit dan
Nonelektrolit.