EKSPLORASI GAYA BELAJAR DAN KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT
EXPLORATION LEARNING STYLE AND ERROR OF 7th GRADE STUDENT IN SOLVING QUADRILATERAL QUESTION
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan banyaknya jenis kesalahan tiap-tiap gaya belajar dalam menyelesaikan soal segiempatdan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa beserta faktor penyebabnya.
Penelitian ini merupakan penelitian mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Islamiyah dan sampelnya adalah siswa kelas VII-B SMP Al-Islamiyah. Kelas VII-B dipilih karena memperoleh nilai rata-rata ulangan harian bab segiempat terendah diantara kelas lainnya. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh dari siswa kelas VII-B yang terdiri dari 32 siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari 3 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak pada tiap-tiap gaya belajar. Tiga siswa tersebut adalah PA, KT, dan MH.
Data penelitian ini berfokus pada jenis kesalahan, banyaknya jenis kesalahan, serta faktor penyebab kesalahan. Instrumen dalam penelitian ini ada tiga, yaitu angket gaya belajar, tes penyelesaian soal, dan pedoman wawancara. Angket gaya belajar digunakan untuk mengetahui gaya belajar tiap-tiap siswa, tes penyelesaian soal digunakan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa, dan wawancara digunakan untuk mengonfirmasi pekerjaan siswa serta untuk mendapatkan informasi mengenai faktor penyebab siswa melakukan kesalahan.
Berkaitan dengan tujuan mengetahui perbedaan banyaknya jenis kesalahan, hasil perhitungan dengan bantuan softwere R-studio diperoleh p-value nya adalah 0,002252. Hal ini berarti p-value nya kurang dari (0,05), yang artinya H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan banyaknya jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada tiap-tiap gaya belajar. Selain itu, dari penelitian ini juga diperoleh kesimpulan bahwa (1) siswa bergaya belajar visual melakukan kesalahan fakta, konsep, dan prinsip dikarenakan faktor bahasa, kognisi, dan metakognisi, (2) siswa melakukan kesalahan fakta, konsep, dan prinsip dikarenakan faktor kognisi, metakognisi, dan pengalaman sebelumnya, serta (3) siswa bergaya belajar kinestetik melakukan kesalahan yang dilakukan oleh siswa bergaya belajar kinestetik adalah kesalahan fakta, konsep dan prinsip dikarenakan faktor kognisi, metakognisi, dan pengalaman sebelumnya. Berdasarkan faktor penyebab tersebut, kemudian dipilihlah alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan. Alternatif solusi yang sesuai dengan faktor penyebab subjek melakukan kesalahan adalah dengan memberikan latihan soal dan pembelajaran remedial dengan metode pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.
This study aims to determine the differences in the types of errors of each learning style in solving quadrilateral question and describe the error made by students and the factor causes.
This study is a mixed method research (quantitative and qualitative). Quantitative data in this study were obtained from one class that consist of 32 students , while qualitative data were obtained from 3 students who made the most error. The three students are PA, KT, and MH.
The data of this study focus on the types of errors, the number of error type,and the factors causes. There are three instruments in this study, learning style questionnaire, problem solving test, and interview guidelines . Learning style questionnaire is used to find out the learning style of each student, problem solving test is used to find out the types of error made by students, and interview is used to confirm student’s answer and to obtain information about the factors causing students to make error.
To know the differences in the number of error type, the results of calculations with R-studio obtained p-value is 0.002252. This means that the p-value less than alpha (0.05), which means that H0 is rejected. Thus it can be said that there are differences in the number of error type made by students in each learning style. Beside that, from this study also obtained the conclusion that (1) visual learning style student made fact error, concepts, and principles due to factors of language, cognition and metacognition, (2) audio learning style student made fact error, concepts, and principles due to factors of cognition, metacognition, and previous experiences, and (3) kinesthetic learning style student made fact error, concepts and principles due to factors of cognition, metacognition, and previous experience. Based on these factors, then an alternative solution can be chosen to reduce the error made. Alternative solutions that correspond to the factors that cause the subject to make error are to provide practice exercises and remedial learning with different and more interesting learning methods.