Submateri pencemaran air ini memuat banyak konsep sehingga memerlukan contoh dari lingkungan agar siswa dapat memahami konsep dengan mudah sehingga diperlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bebasis literasi sains yang di dalamnya terdapat suatu materi dan panduan praktikum dengan contoh permasalahan di lingkungan seperti mengidentifikasi pencemaran air dengan biomonitoring makroinvertebrata, sehingga dapat membantu siswa untuk memahami suatu materi. LKPD berbasis literasi sains akan membantu siswa dalam praktikum serta dalam mengumpulkan data hasil eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis literasi sains pada submateri pencemaran air yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Namun dalam penelitian ini tahap Dessiminate tidak dilakukan. Kegiatan pengembangan LKPD berbasis literasi sains dilaksanakan di kampus Jurusan Biologi FMIPA Unesa pada bulan November 2017 sampai Januari 2019. Kegiatan uji coba dilakukan secara terbatas kepada 20 siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode validasi, metode obsevasi, metode angket, dan metode tes. Sedangkan cara analisis data dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, lembar angket respons siswa dan lembar tes. LKPD yang valid ditinjau dari hasil validasi. Hasil validasi LKPD sebesar 90,79% dengan kategori sangat valid. LKPD yang praktis ditinjau dari keterlaksanaan dan respons siswa. Keterlaksanaan LKPD sebesar 88,75% dengan kategori sangat praktis dan respons siswa sebesar 94,21% dengan kategori sangat positif. LKPD yang efektif ditinjau dari hasil belajar dan ketercapaian indikator. Hasil belajar siswa pada post-test rata-rata memperoleh nilai 82 dengan presentase 95% kategori tuntas dan 5% tidak tuntas dan untuk ketecapaian indikator berdasarkan hasil tes rata-rata memeperoleh nilai 81,87 % dengan kategori tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: LKPD, biomonitoring, makroinvertebrata, literasi sains, pencemaran air.
This water pollution submaterial contains many concepts so that it requires examples from the environment so students can understand the concepts easily so we need a Student Worksheet (LKPD) Literacy based on scientific literacy in which there is a material and practical guide with examples of problems in the environment such as identifying water pollution with biomonitoring macroinvertebrates, so that it can help students to understand a material. LKPD based on scientific literacy will help students in practicum and in collecting experimental data. This study aimed to produce LKPD based on scientific literacy in water pollution submissions that are valid and effective. This research was a development research using a 4-D model, namely the Define, Design, Develop, and Dessiminate stages. But in this study the stage Dessiminatewas not carried out. The scientific literacy-based LKPD development activities were carried out on the Biology Department campus of Unesa FMIPA from November 2017 to January 2019. The trial activities were limited to 20 class X students of SMA 1 Sidayu Gresik. The method of data collection in this study used validation methods, observation methods, questionnaire methods, and test methods. While the method of analyzing the data using validation sheets, implementation observation sheets, student response questionnaire sheets and test sheets. Valid LKPD is reviewed from the results of validation. The results of the LKPD validation were 90.79% with very valid categories. Practical LKPD in terms of student implementation and response. The implementation of the LKPD was 88.75% with a very practical category and student responses were 94.21% with a very positive category. Effective LKPD in terms of learning outcomes and indicators achievement. Student learning outcomes in the post-test average score 82 with a percentage of 95% complete category and 5% not complete and for the achievement of indicators based on the average test results obtained a value of 81.87% with complete categories. Thus it can be concluded that the developed LKPD belongs to the category of valid, practical, and effective so that it can be used in the learning process.
Keywords: LKPD, biomonitoring, macroinvertebrate, scientific literacy, water pollution.