PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG DIMEDIASI OLEH DISIPLIN DIRI
THE EFFECT OF SELF-EFFICACY ON STUDENT LEARNING OUTCOMES MEDIATED BY SELF-DISCIPLINE
Keberhasilan proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat diukur dari hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa. Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor eksternal melalui disiplin diri dan faktor internal adalah efikasi diri. faktor eksternal disiplin diri juga berperan sebagai mediator efikasi diri dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Driyorejo kelas XI IPS dan XII IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi penelitian siswa SMA Negeri 1 Driyorejo kelas XI IPS dan XII IPS tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 280 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling, adapun teknik sampling Non Probability Sampling dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dengan angket dan analisis data dengan Moderated Regression Analysisis (MRA) di bantu software penelitian SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin diri, disiplin diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan disiplin diri berpengaruh positif dan signifikan memediasi efikasi diri terhadap hasil belajar, yang diklarifikasikan sebagai quasi moderator, karena variabel efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar, pengujian selanjutnya variabel disiplin diri berpengaruh signifikan memediasi efikasi diri terhadap hasil belajar.
The success of the process of implementing teaching and learning activities can be measured by the learning outcomes achieved by students. Students's success in learning is influenced by two factors, namely external factors through self-discipline and internal factors namely self-efficacy. The external factor of self-discipline also acts as a mediator of self-efficacy with the learning outcomes of students at SMA Negeri 1 Driyorejo class XI IPS and XII IPS. This research uses a quantitative approach with a type of field research. The research population of students at SMA Negeri 1 Driyorejo class XI IPS and Data collection using questionnaires and data analysis using Moderated Regression Analysis (MRA) assisted by SPSS version 25 research software. The results of the research show that self-efficacy has a positive and significant effect on learning outcomes, self-efficacy has a positive and significant effect on self-discipline, self-discipline has a positive and significant effect on learning outcomes, and self-discipline has a positive and significant mediating effect on learning outcomes, which is clarified as a quasi moderator because the self-efficacy variable has a significant effect on learning outcome variables, the next test is that the self-discipline variable has a significant mediating effect on learning outcomes.