MOTIF ORANGTUA SEVERE DISABILITIES DALAM PRAKTIK SEKOLAH INKLUSI
THE MOTIVES OF SEVERE DISABILITIES PARENTS IN PRACTICE OF INCLUSIVE SCHOOL
Orangtua merupakan anggota keluarga yang paling dekat dengan anak. Kehidupan anak disabilitas berat tidak lepas dari bantuan orangtua sebagai keluarga. Pendidikan merupakan hak setiap warga negara tanpa melihat suku, ras, agama dan kondisi intelektual. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan motif yang melatarbelakangi tindakan orangtua dalam mengambil keputusan pendidikan anak disabilitas berat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode fenomenologi Alfred Schutz. Motif yang ditawarkan oleh Alfred yakni; because of motive dan in order to motive. Setiap manusia dalam melakukan tindakan pasti memiliki motif dan tidak semerta-merta dilakukan oleh aktor. Hasil penelitian ini adalah terdapat motif orangtua disabilitas berat yang tetap memilih sekolah inklusi. Motif karena yang dilakukan orang tua yakni; 1) kondisi ekonomi dengan mempertimbangkan sekolah negeri yang ditanggung oleh pemerintah. 2) motif keyakinan orangtua melihat bakat anak dapat ditemukan di sekolah yang beragam. 3) motif kewajiban dengan hanya berusaha memenuhi tanggungjawab sebagai orangtua. Motif tujuan yang dicapai orangtua disabilitas berat. 1) anak mandiri dimasa depan dapat mengurus diri sendiri. 2) anak bahagia menjalani kehidupan bersama orangtua. 3) mendapat ganjaran baik dengan telah menjalankan kewajiban orangtua pada anaknya (surga).
Kata Kunci: Motif, Disabilitas, Orangtua, Inklusi.
Parents are the closest family member to the child. The life of a child with a severe disability cannot be separated from the help of parents as a family. Education is the right of every citizen regardless of ethnicity, race, religion and intellectual conditions. The purpose of this study is describe the motives underlying the actions of parents in making educational decisions for the children with severe disabilities. This study uses a qualitative descriptive approach and phenomenological method of Alfred Schutz. The motives offered by Alfred Schutz namely; because of motive and in order to motive. Every human being in carrying out an action must have and not necessary carried out by the actor. The result of this study are there motives of parents with savere disabilities who still choose inclusive school. Motive because the parents did; 1) economic condition with the consideration of public schools borne by the Government. 2) Parents ' belief motif sees child's talent can be found in diverse schools. 3) Motive obligation by only trying to fulfill responsibility as parents. Motive of the purpose achieved by parents of heavy disability. 1) children in the future can take care of themselves. 2) children are happy to live with parents. 3) got a good reward by having exercised parental obligations on their child (heaven).
Keywords: Motives, Disabilities, Parents, Inclusion