PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan media video animasi terhadap hasil belajar passing sepak bola. Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan penelitian non randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII F dan VII H SMPN 20 Surabaya tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 33 orang. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji non parametric wilcoxon, uji paired sample t-test dan uji pengaruh Hasil uji non parametric wilcoxon memiliki nilai Sig. (2-tailed) <005, hasil uji paired sample t-test memiliki nilai signifikasi sebesar .000 atau <0.05 yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan video animasi terhadap hasil belajar. Hasil uji pengaruh memiliki nilai.000 atau kurang <0.05 dengan hasil R square pengaruh yang dihasilkan sebesar 71,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media video animasi terhadap hasil belajar passing terdapat peningkatan pada keterampilan siswa dan disarankan kepada guru untuk menggunakan media video animasi karena sudah menjadi salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
This study aims to determine the effect and how much the application of animated video media on the learning outcomes of soccer passing. This study was a quasi-experimental design with a non-randomized control group pretest-posttest design. The study population was students of class VII F and VII H of SMPN 20 Surabaya in the academic year 2021/2022 totaling 33 people. Learning outcomes data were collected through pretest and posttest. Data analysis using non-parametric Wilcoxon test, paired sample t-test and influence test The results of the non-parametric Wilcoxon test have a Sig value. (2-tailed) <005, the results of the paired sample t-test have a significance value of .000 or <0.05 which means that there is a significant influence in the application of animated videos on learning outcomes. The results of the influence test have a value of .000 or less <0.05 with the results of the R square effect of 71.6%. So it can be concluded that the application of animated video media to passing learning outcomes has increased student skills and it is recommended for teachers to use animated video media because it has become one of the efforts to improve student learning outcomes.