Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile
Redesign UI & UX Using Design Thinking Method on Mobile-Based Student Siakadu Application
UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang menghadirkan sebuah aplikasi sebagai pendukung penyelenggaraan pendidikan kepada seluruh civitas akademik yaitu Siakadu Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pengguna dalam menjalankan dan mendapatkan informasi akademik pada aplikasi Siakadu Mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Design Thinking. Metode ini digunakan untuk melakukan pendekatan berbasis solusi yang akan digunakan untuk penyelesaian masalah, Dengan cara memahami pengguna Aplikasi untuk mendefisinikan masalah yang ada kemudian akan dijadikan sebuah solusi untuk memecahkan masalah yang ada, hasilnya yaitu banyak permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna kemudian disaring oleh penulis yang menghasilkan 10 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan Maze Design sebagai pengujian Usability Testing terhadap desain antarmuka yang telah dibuat. Pada penerapan Usability Testing, penulis akan mencari responden untuk mencoba desain antarmuka dengan tugas dan skenario yang telah disediakan, hasilnya yaitu responden berhasil menyelesaikan hampir seluruh tugas skenario pengujian pada desain baru.
UNESA is one of the state universities that presents an application as a supporter of education for the entire academic community, namely Student Siakadu. This study aims to help maximize users in running and obtaining academic information on the Siakadu Siswa application. The method used is Design Thinking. This method is used to carry out a solution-based approach that will be used for problem solving, By understanding the application users to define existing problems then it will be used as a solution to solve existing problems, the result is that many problems are complained of by users and then filtered by the author which produces 10 problems that will be made to solve the problem. This study uses Maze Design as a Usability Testing test on the interface design that has been made. In the implementation of Usability Testing, the author will look for respondents to try out the interface design with the tasks and scenarios that have been provided, the result is that the respondents managed to complete almost all the tasks of the test scenario on the new design.