KEBIJAKAN PENDIDIKAN KOLONIAL TERHADAP ELITE PRIBUMI DI SURABAYA TAHUN
1908 - 1928
COLONIAL EDUCATION POLICY ON NATIVE ELITE IN SURABAYA 1908 - 1928
Kebijakan pendidikan yang diprakarsai oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda mengalami perkembangan dan peningkatan dari waktu ke waktu. Abad kedua puluh menjadi momentum emas bagi kesetaraan pendidikan yang lebih luas dan menyentuh berbagai lapisan masyarakat kolonial. Keputusan untuk memberikan akses ke pendidikan yang lebih luas bagi kelompok masyarakat adat membawa keuntungan tersendiri. Kebutuhan akan tenaga kerja murah dan terampil merupakan tantangan bagi pendidikan terutama setelah liberalisasi kebijakan ekonomi. Perkembangan industri ini cukup pesat dan kondisi pendidikan yang maju menjadikan Surabaya sebagai salah satu daerah dengan tingkat pendidikan terbaik di Hindia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah yang dipakai untuk menyusun fakta, mendeskripsikan, dan menarik kesimpulan tentang masa lampau. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam metode sejarah yaitu pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi Untuk memperoleh hasil maksimal dalam penelitian ini maka peneliti melakukan penelusuran sumber berupa staatsblad, serta kolonial Verslag tentang kebijakan pemerintah kolonial terkait pendidikan di Surabaya. Selain itu juga dibantu dengan buku-buku yang berkaitan dengan kiprah dan karir para elit pribumi dan tentunya terkait sejarah kependidikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda di Surabaya memang dikhususkan hanya untuk golongan elite pribumi terutama keturunan bangsawan. Pendidikan barat bagi kalangan elite pribumi ini berfungsi sebagai sarana modernisasi sekaligus westernisasi. Elite pribumi tamatan sekolah belanda selain untuk keperluan tenaga berkeahlian dalam pemerintahan juga difungsikan sebagai kepala birokrasi lokal. Pembukaan sekolah swasta seperti sekolah Desa degan lama masa studi 3 tahun di daerah-daerah pinggiran hanya difokuskan pada kemampuan dasar seperti membaca menulis dan berhitung. Sekolah lanjutan didirikan bagi lulusan sekolah desa dengan masa studi 2 tahun. Pada tahun 1910 terjadi penambahan masa sutdi di sekolah Ongko Loro dari 3 tahun menjadi 5 tahun. Pada tahun 1909 juga didirikan sekolah pertukangan untuk golongan pribumi dengan masa studi 3 tahun ditambah 1 tahun praktek lapangan. Pendidikan diselenggarakan melalui penggunaan bahasa pengantar utama bahasa Belanda dan beberapa sekolah swasta dengan bahasa Melayu. Periode ini banyak terjadi penyempurnaan kurikulum di sekolah rendah sekelas MULO dan HBS. Tahun 1913 NIAS didirikan dengan masa studi 10 tahun dan 1928 didirikan STOVIT dengan masa studi 5 tahun.
Kata Kunci: Pendidikan , Elit Pibumi, Surabaya
The education policy whose initiated by the Dutch East Indies colonial government experienced development and improvement over time. The twentieth century became a golden momentum for wider educational equality and touched various layers of colonial society. The decision to provide access to wider education for indigenous groups brings its own advantages. The need for cheap and skilled labor is a challenge for education especially after the liberalization of economic policy. The development of the industry is quite rapid and the condition of advanced education makes Surabaya as one of the regions with the best level of education in the Indies.
The method used in this study is historical research which is used to compile facts, describe, and draw conclusions about the past. The activities carried out in the historical method are topic selection, heuristics, criticism, interpretation, and historiography. To obtain maximum results in this study, the researchers traced sources in the form of staatsblad, as well as the colonial Verslag on colonial government policies related to educationin Surabaya. Besides that, it is also assisted by books relating to the gait and career of the native elite and of course related to the history of education.
The results showed that the decision of the Dutch East Indies colonial government in the field of education in Surabaya in the early XX century, especially in 1908 to 1928 there had been a rapid development that occurred in Dutch schools. Development of educational infrastructure such as school buildings and infrastructure is increasingly being intensified. The opening of Dutch schools in the low, advanced and high levels aroused the enthusiasm of the people from various groups. This period there was a lot of improvement in the curriculum in low schools like MULO and HBS. In addition, the opening of private schools such as village schools in rural areas is only focused on basic skills such as writing and arithmetic. Education is organized through the use of the main language of instruction in Dutch and some private schools with Malay. Education is considered as the main key to position and position in society. Indigenous elites who have the opportunity to enjoy western education must pass some stringent requirements. Western education organized by the Netherlands in fact also provides new insights and thoughts for indigenous elites. Indigenous elites who have completed their education have two career options, becoming government employees or becoming independent entrepreneurs and politicians.
Keywords : Education, Native Elite, Surabaya