PROFIL OF STUDENTS' MATHEMATICAL LITERACY IN SOLVING AKM TASK IN TERMS OF PERSONALITY TYPES
Literasi matematis adalah kemampuan suatu individu dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dengan berbagai konteks. AKM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengukur literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari tipe kepribadian melankolis, kholeris, phlegmatis, dan sanguins. Instrumen yang digunakan adalah angket tipe kepribadian, tes literasi matematis, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian merupakan 4 siswa kelas VIII dengan tipe kepribadian yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa melankolis menuliskan informasi secara lengkap, membuat model matematika, menggunakan strategi yang efisien dan terstruktur, melakukan perhitungan dengan tepat, menafsirkan dan mengecek ulang jawaban secara keseluruhan; (2) siswa kholeris menuliskan informasi secara lengkap, tidak membuat model matematika, menggunakan strategi yang terstruktur, melakukan perhitungan dengan tepat, menafsirkan dan mengecek ulang jawaban, namun kurang teliti sehingga satuan yang digunakan tidak sesuai; (3) siswa phlegmatis menuliskan informasi secara lengkap, membuat model matematika, menggunakan strategi yang cepat, menafsirkan dan mengecek ulang perhitungan, namun kurang teliti sehingga perhitungan yang dilakukan tidak akurat; (4) siswa sanguins tidak menuliskan informasi yang diketahui, tidak membuat model matematika, menggunakan strategi yang cepat, menafsirkan solusi, namun tidak mengecek ulang jawaban sehingga perhitungan yang dilakukan tidak akurat. Oleh karena itu, tipe kepribadian merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan literasi matematis.
Kata Kunci: Literasi Matematis, AKM, Tipe Kepribadian.
Mathematical literacy is an individual’s ability to formulate, employ, and interpret mathematics in various contexts. AKM is one of the government's efforts to measure students' mathematical literacy. This research is a descriptive research with a qualitative approach that aims to describe the profile of students' mathematical literacy in solving AKM in terms of the melancholic, choleric, phlegmatic, and sanguine personality types. The instrument used are personality type questionnaire, mathematical literacy test, and interview guidelines. The results showed that (1) melancholic students wrote complete information, made mathematical models, used efficient and structured strategies, performed calculations correctly, interpreted and double-checked answers as a whole; (2) choleric students wrote complete information, did not make mathematical models, used structured strategies, performed calculations correctly, interpreted and re-checked answers, but were less careful so the units used were not appropriate; (3) phlegmatic students wrote complete information, made mathematical models, used quick strategies, interpreted and re-checked calculations, but were less careful so the calculations were not accurate; (4) Sanguine students did not write down known information, did not make mathematical models, used quick strategies, interpreted solutions, but did not re-check answers so the calculations were inaccurate. Therefore, personality type is one of the factors that cause differences in mathematical literacy.
Keywords : Mathematical Literacy, AKM, Personality Types.