Kecemasan akademik merupakan perasaan kegelisahan, ketakutan, dan ketegangan terhadap suatu keadaan atau situasi akademik yang dianggap mengancam atau berbahaya sehingga berakibat pada terganggunya pola pemikiran serta respon fisik atau perilaku pada aktivitas akademik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji serta mendeskripsikan mengenai teknik cognitive restructuring untuk kecemasan akademik peserta didik sekolah menengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni teknik dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian yaitu kajian serta deskripsi mengenai keberhasilan, prosedur penerapan, ruang lingkup atau sasaran, serta saran atau rekomendasi teknik cognitive restructuring untuk kecemasan akademik peserta didik sekolah menengah. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa teknik cognitive restructuring berhasil untuk mengatasi kecemasan akademik peserta didik sekolah menengah sehingga teknik cognitive restructuring dapat menjadi salah satu teknik yang bisa diterapkan untuk mengatasi kecemasan akademik.
Academic anxiety is a feeling of anxiety, fear, and a situation are threatening or dangerous, and caused the disruption of thought patterns and physical or behavioral responses to students' academic activities. The purpose of research is to examine and describes the cognitive restructuring techniques to academic anxiety of the secondary school students. The method has used in this research is literature study. The data technique in this research is documentation technique. And also, the data analysis technique has used is content analysis techniques. The results of research are the research, and descriptions of evaluation, monitoring, scope or objectives, as well as suggestions or recommendations for cognitive restructuring techniques to academic anxiety of the secondary school students. From the things has been done, it can be shown that cognitive restructuring techniques are successful in overcoming the academic anxiety of the secondary school students so that cognitive restructuring techniques can be one of the techniques applied to overcome academic anxiety.