ABSTRAK
Dianita,
Agnes. 2018. Pengembangan
Maket Struktur Sel Manusia Berbasis Taktil Berbantuan Sensor Audio Dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Luar Biasa Tunanetra Surabaya. Tesis.
Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Asri Wijiastuti, M.Pd, dan (II) Dr. Hj. Sri
Joeda Andajani, M.Kes
Kata-kata
Kunci: Maket struktur sel manusia, ilmu
pengetahuan alam, tunanetra
Hasil studi
pendahuluan di YPAB Gebang Putih, Kota Surabaya, menjumpai kemampuan siswa
tunanetra dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang lemah . P ermasalahan tersebut diatasi dengan
mengembangkan maket
berbasis taktil berbantuan sensor audio yang dapat membantu menggambarkan
struktur sel manusia secara tiga dimensi , dilengkapi suara (audio) ketika
disentuh yang memanfaatkan indera pendengaran dan perabaannya.
Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) menghasilkan maket struktur sel manusia berbasis taktil
berbantuan sensor audio untuk menanamkan penguasaan konsep sel manusia pada
siswa tunanetra kelas IX di YPAB Gebang Putih, Kota Surabaya, 2) menguji
kelayakan maket struktur sel manusia berbasis taktil berbantuan sensor audio,
3) menguji ke praktisan
maket struktur sel manusia berbasis taktil
berbantuan sensor audio, 4) menguji ke efektif an maket
struktur sel manusia berbasis taktil berbantuan sensor audio.
Penelitian pengembangan ini
menggunakan desain model R&D dari Borg and Gall (2003) dengan tujuh tahapan yang menghasilkan
produk maket
struktur manusia berbasis taktil berbantuan sensor audio . Maket yang dihasilkan dilakukan uji kelayakan kepada
ahli media, ahli materi sains, dan ahli materi pendidikan luar biasa. Indikator
penilaian terdiri dari 4 kategori yaitu nilai 4 (sangat baik), 3 (baik), 2
(kurang baik), 1 (tidak baik). Hasil analisis kelayakan dari ahli media
memperoleh skor sebesar 4 termasuk kategori sangat baik, ahli materi sains
memperoleh skor sebesar 3 termasuk kategori baik, dan ahli materi pendidikan
luar biasa memperoleh skor sebesar 4 termasuk kategori sangat baik. Hasil
analisis k epraktisan maket terdiri dari pengamatan
aktivitas guru mendapat jumlah prosentase lebih dari 70% dan termasuk dalam kategori layak .
H asil
respon guru mendapat prosentase 97,5% dan termasuk dalam kategori layak . Hasil p engamatan
aktivitas siswa dalam pembelajaran mendapat jumlah prosentase 90,625% dan termasuk dalam kategori layak . Keefektifan maket diperoleh dari
nilai pre test dan post test dan dinyatakan efektif untuk meningkatkan
hasil belajar lebih dari 40 point. D isimpulkan
bahwa maket struktur sel manusia berbasis taktil berbantuan sensor audio sangat
layak digunakan untuk menanamkan penguasaan konsep materi sel pada siswa
tunanetra.
ABSTRACT
Dianita,
Agnes. 2018. Development
of tactile-based human cell structure models assisted by audio sensors in
natural science learning in visual empairment schools in Surabaya. Thesis. Program
Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
A dvis or:
(I) Dr. Hj. Asri Wijiastuti, M.Pd, dan (II) Dr. Hj. Sri Joeda Andajani, M.Kes
Key Words: mockups of human cell structure, natural
science, visual empairment
The results of the preliminary study
at YPAB Gebang Putih, Kota Surabaya, encountered the ability of blind students
in the subjects of Natural Sciences weak. The problem is overcome by developing
tactile-based models assisted by audio sensors that can help describe the
structure of human cells in three dimensions, equipped with sound (audio) when
touched which utilizes the sense of hearing and touching.
This study aims to: 1) produce a
model of tactile-based human cell structure assisted by audio sensors to
instill mastery of the concept of human cells in class IX blind students at
YPAB Gebang Putih, City of Surabaya, 2) test the feasibility of tactile-based
human cell model models assisted by audio sensors 3) test to practice models of
tactile-based human cell structures assisted by audio sensors, 4) testing the
effective model of tactile-based human cell structures assisted by audio
sensors.
Development research this uses an R
& D model design from Borg and Gall (2003) with seven stage that produce
product tactile model of human structure based on audio sensors. Mockups
produced performed due diligence to media expert, expert material science , and
experts material education outside of ordinary. Indicator judgment composed
from 4 categories that is value of 4 (very good), 3 (good), 2 (less good), 1
(no good). Analysis results appropriateness from media experts obtain score for
4 including category very good, expert material science obtain score for 3
included category good, and expert material education outside of normal obtain
score for 4 including category very good. The results of the analysis of k
epraktisan mockups consist of observation activities for teachers to get the
percentage of over 70% and including in category worthy. H acyl response of
teachers to get a percentage of 97.5% and including in category worthy. The
results of the observation of student activities in learning received a
percentage of 90.625% and including in category worthy. The effectiveness of
mockups is obtained from the value of the pre test and post test
and is declared effective for increasing learning outcomes by more than 40
points. D concluded that the tactile-based model of human cell structure
assisted by audio sensors is very feasible to use to instill mastery of the
concept of cell material in blind students.