Buku Ilustrasi Antirasisme Etnis Tionghoa-Jawa untuk Usia 6–8 Tahun di Surabaya
Antiracism Illustration Book Chinese-Javanese Tribes for 6–8 Years Old in Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan perilaku toleransi pada diri anak melalui buku ilustrasi antirasisme etnis Tionghoa-Jawa. Sehingga anak dapat belajar cara menyikapi keberagaman dengan lebih bijak. Subjek perancangan adalah anak rentang usia 6–8 tahun. Perancangan dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain: analisis data, desain produk, pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba terbatas. Pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Konsep perancangan desain dikemas berupa buku ilustrasi aktivitas-komparasi, agar anak dapat lebih mudah dalam mengenal keberagaman. Konteks cerita dibawakan oleh dua anak sekolah dasar dari etnis Tionghoa dan etnis Jawa. Pengenalan etnisitas disampaikan sebatas perbedaan fisik menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak usia 6–8 tahun. Rancangan awal kemudian diuji coba kepada ahli dan praktisi untuk dikembangkan ke dalam bentuk final yang lebih efektif dan layak. Hasil validasi menunjukkan bahwa perancangan buku layak digunakan, ditunjukkan dari aspek: a) kelayakan tema/pesan didapatkan hasil 50% menyatakan tema yang diangkat baik dan 50% sangat baik, b) kontek ceritera validator menilai 50% konteks cerita baik dan 50% menyatakan sangat bagus dan sederhana, c) aspek ilustrasi menunjukkan 75% dinilai baik dan 25% sangat baik, d) aspek kelayakan bahasa diperoleh hasil 50% bahasanya baik dan 50% sangat baik, dan e) aspek kelayakan warna menunjukkan 20% warna yang digunakan baik dan 80% sangat baik.
This research aims to foster tolerance act to children through the book illustration of antiracism Chinese-Javanese tribes. So then children can learn how to act to diversity wisely. Subject of the research is children around 6–8 years old. Research done by using few steps, such as: data analysis, product design, product development, design validation, design revision, and limited trials. Collective data through interview and literature study. Concept of the design formed into activity-comparative illustration book, so children can easily know about diversity. The story context will bring by two elementary school kids from Chinese and Javanese tribes. Introduction of ethnicity will be delivered limited to physical difference to adjust with cognitive abilities of children 6–8 years old. The initial design then will validated by expert and practitioner to developed into final form which more effective and decent. Result of the validation shows that the research is decent to be used, it showed from aspect: a) the decent of theme/message which result obtained 50% said the theme was good and 50% great. b) the story context validator gives 50% context story was good and 50% said it was great and simple. c) illustration aspect shows 75% give a good result and 25% great, d) the word decent aspect result obtained 50% was good and 50% great, and e) decent of the color shows 20% the used color was good and 80% great.