Penggunaan Physics Education Game Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
Using Physics Education Game To Train Critical thingking Skills Of High School Students
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kelayakan penggunaan physics education game untuk melatihkan keterampilan berpikir kirtis siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk 3 orang pakar pembelajaran fisika sebagai validator dan 15 orang teman sejawat (calon guru fisika). Pengukuran validasi dan penilaian teman sejawat menggunakan skala Likert. Penggunaan game dinyatakan layak secara konseptual jika persentase kelayakan dari validator dan teman sejawat ≥ 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pakar menyatakan layak (persentese kelayakan teknis 91.87 %, media 96.25%, dan pembelajaran 88.43 % yang didukung oleh teman sejawat yang memandang layak persentase kelayakan teknis 88% media 89 % dan pembelajaran 89 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan physics education game layak secara konseptual digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci: physics education game, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika
Abstract
The objective of this study was to describe the validity of Physics education game utilization to train senior high school student’s critical thinking in learning Physics. The study applied a descriptive quantitative method in which the data collected by utilizing 3 questionnaires verified by Physics experts and 15 colleagues (prospective Physics teacher). Likert scale. The use of the game was valid conceptually if the percentage of validators and colleagues accounted for ≥ 61%. Moreover, the experts confirmed that the game was valid technique at 91.87%, media at 96.25% and learning at 88.4% supported by the colleagues validation technique at 88%, media at 89%, and learning at 89%. Therefore, the application of the Physics education game is valid conceptually to draw on senior high school student’s critical thinking in learning Physics.
Keywords:Physics education game, critical thinking skills, Physics education