Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan kelayakan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi problem solving untuk melatihkan
keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Kelayakan dari
LKPD yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek yakni kevalidan, kepraktisan,
serta keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) yang diujicobakan secara
terbatas pada 12 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Sidoarjo. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan layak dari aspek kevalidan
memperoleh hasil validitas isi untuk LKPD 1 pada masing-masing kriteria sebesar
74,66% hingga 82,67%, LKPD 2 pada masing-masing kriteria sebesar 78,66% hingga
80%, LKPD 3 pada masing-masing kriteria sebesar 78,66% hingga 81,33%, sedangkan
validitas konstruk untuk LKPD 1, LKPD 2 maupun LKPD 3 pada masing-masing
kriteria memperoleh hasil sebesar 80% hingga 88,33%, kesemuanya memperoleh
kategori valid hingga sangat valid. Kepraktisan memperoleh hasil rata-rata
observasi aktivitas peserta didik sebesar 97,22% dan respon peserta didik pada
kriteria isi, bahasa, kegrafikan dan penyajian masing-masing memperoleh hasil
sebesar 97,62%, 89,58%, 96,67% dan 91,67%. Keempat kriteria tersebut berada
pada kategori baik hingga sangat baik. Keefektifan berdasarkan peningkatan
hasil pretest-posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik yang
memperoleh persentase sebesar 100% dengan skor n-gain pada rentang 0,529-0,901
dengan kategori sedang hingga tinggi.
Kata kunci :
Kelayakan LKPD, problem solving ,
keterampilan berpikir kritis, kesetimbangan kimia