Media sammelnalbum untuk keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 1 Gedangan
Sammelnalbum media for speaking skill of 10th class' SMAN 1 Gedangan
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Bahasa Jerman di SMAN 1 Gedangan, diperoleh informasi bahwa perlu adanya peningkatan keterampilan berbicara karena siswa yang cenderung kurang aktif dalam berbicara Bahasa Jerman. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang tepat untuk melatih keterampilan berbicara siswa. Media yang akan dikembangkan disini adalah Media Sammelnalbum yang berisi materi dan soal seputar sub tema “Gegenstände in der Schule”. Rumusan masalah pada artikel ilmiah ini adalah bagaimana proses pengembangan media Sammelnalbum untuk keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 1 Gedangan, sedangkan tujuan dari artikel imliah ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media Sammelnalbum untuk keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 1 Gedangan. Model yang digunakan pada penelitian Media Sammelnalbum adalah pengembangan dari Sugiyono yang tahapannya terdiri dari (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket validasi yang diisi oleh validator, yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi materi adalah sebesar 65% dengan kategori layak sehingga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar begitu pula dengan hasil validasi media yang didapatkan sebesar 66,7%.
Kata Kunci: Pengembangan, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jerman
Based on the results of interviews with German teachers at SMAN 1 Gedangan, it was obtained that there needs to be an improvement in speaking skills because students tend to be less active in speaking German. Therefore, proper learning media is required to train students' speaking skills. The media that will be developed here is Media Sammelnalbum which contains materials and questions about the sub-theme "Gegenstände in der Schule". The problem formulation in this scientific article is how sammelnalbum media development process for the speaking skills of students of grade X SMAN 1 Gedangan, while the purpose of this article imliah is to describe the process of developing Sammelnalbum media for the speaking skills of grade X students of SMAN 1 Gedangan. The model used in Sammelnalbum Media research is the development of Sugiyono whose stages consist of (1) Potentials and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation. The data source in this study is a validation questionnaire filled by validators, consisting of media experts and material experts. The result of material validation is 65% with a decent category so that it can be used in teaching and learning activities as well as media validation results obtained by 66.7%.
Keywords: Development, Speaking Skills, German