Siswa Madrasah Aliyah Negeri “X” tidak hanya menempuh pendidikan formal saja, tetapi juga program
tambahan yang setara dengan perkuliahan Diploma 1. Hal ini tentunya memberikan beban tugas dan
jam pelajaran tambahan, sehingga siswa dituntut untuk memiliki psychological capital yang tinggi.
Perkembangan kemampuan dan kompetensi antara siswa laki-laki dan perempuan berbeda. Maka
dimungkinkan adanya perbedaan psychological capital antara siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan psychological capital ditinjau dari jenis kelamin
pada siswa Madrasah Aliyah Negeri “X”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini yaitu seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri “X” sebanyak 1136 orang siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan penyebaran instrumen melalui
google form selama 7 hari. Sampel penelitian didapatkan sebanyak 144 siswa, terdiri dari 51 siswa laki-
laki dan 93 siswa perempuan dengan rentang usia 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan yaitu skala
psychological capital disusun berdasarkan teori Luthans, et al. Teknik analisis data menggunakan
independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai t sebesar 3,394 dengan nilai
signifikansiisebesar 0,001 (p<0,05). Maknanya yaitu terdapat perbedaan psychological capital antara
siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Hal ini dilihat dari keseluruhan aspek psychological capital
bahwa siswa perempuan lebih unggul. Maka dapat dikatakan siswa perempuan memiliki kondisi
psikologis yang lebih baik daripada siswa laki-laki.
Kata Kunci: Psychological capital, siswa
Students of Madrasah Aliyah Negeri "X" not only take formal education, but also additional programs
that are equivalent to Diploma 1 lectures. This of course provides additional workloads and hours, so
students are required to have high psychological capital. The development of abilities and competencies
between male and female students is different. So it is possible that there are differences in
psychological capital between male and female students. The purpose of this study was to determine the
difference in psychological capital in terms of gender in the students of Madrasah Aliyah Negeri "X".
This study uses quantitative methods. The population in this study were all students of Madrasah Aliyah
Negeri "X" as many as 1136 students. Sampling using accidental sampling technique with the
distribution of the instrument via google form for 7 days. The research sample was obtained as many as
144 students, consisting of 51 male students and 93 female students with an age range of 15-18 years.
The measuring instrument used is the psychological capital scale based on the theory of Luthans, et al.
The data analysis technique used independent sample t-test. The results of data analysis showed a t
value of 3.394 with a significance value of 0.001 (p <0.05). The meaning is that there are differences in
psychological capital between male students and female students. This can be seen from the overall
psychological capital aspect that female students are superior. So it can be said that female students
have a better psychological condition than male students.
Keywords: psychological capital, students