Analisis faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian kopi luwak seduh di warung pojok wonosalam
Analysis of the factors that influence the decision making of buying Luwak coffee brewed in the warung pojok wonosalam
Warung Pojok Wonosalam merupakan salah satu wisata kuliner yang ada di Wonosalam. Dengan menyediakan Kopi Luwak yang di produksi dari hasil kopi daerah itu sendiri sudah berkembang dari tahun ke tahun. Penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian kopi luwak seduh di Warung Pojok Wonosalam.
Penelitian ini tenggunakan teknik analisis faktor yang bersifat confirmatoring. Populasi di dalam penelitian ini adalah orang yang melakukan kegiatan pembelian di Warung Pojok Wonosalam yaitu sebanyak 200 konsumen yang mengkonsumsi kopi luwak seduh. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik sampling yang digunaanadalah penentuan sampel accidental sampling. Dalam penelitian ini jumlah yang diteliti adalah 12 variabel, maka jumlah sample yang akan diteliti 12 x 5 = 60 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai KMO 0,576, hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teknik analisis faktor telah tepat.
Sebanyak 12 variabel yang digunakan di dalam pennelitian, di dapat tiga faktor dari hasil reduksi yang memiliki nilai eingenvalue > 1 yang menunjjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli kopi luwak seduh di Warung pojok Wonosalam. Faktor pertama adalah faktor pribadi yang memiliki presentase varians sebesar 30,331%, faktor kedua adalah faktor produk yang memiliki presentase varians sebesar 28,372% dan yang ketiga faktor pekerjaan yang memiliki presentase varians sebesar 21,112%.
Warung Pojok Wonosalam is one of the culinary tours in Wonosalam. By providing Luwak coffe which is produced from the region's coffee itself has grown from year to year. The research aims to analyze the factors that influence the decision making of buying Luwak coffee in Warung Pojok Wonosalam.
This research uses confirmatory factor analysis techniques. The population in this study were people who made purchases at Warung Pojok Wonosalam, as many as 200 consumers who consumed Luwak coffee brewed. Sampling was taken using the nonprobability sampling method. The sampling technique used is the determination of accidental sampling samples. In this study the number studied was 12 variables, so the number of samples to be studied was 12 x 5 = 60 respondents.The results showed that the KMO value was 0.576, it showed that the use of factor analysis techniques was appropriate.
A total of 12 variables used in the study, three factors can be obtained from the reduction which has an eingenvalue value> 1 which shows that there are three factors that can influence consumers in buying civet coffee brewed in Warung Pojok Wonosalam. The first factor is a personal factor that has a percentage of variance of 30.331%, the second factor is a product factor that has a percentage of variance of 28.372% and the third is a work factor that has a percentage of variance of 21.112%.