PERSEPSI CALON GURU BAHASA INGGRIS TENTANG PENGGUNAAN ESP MATERIAL DEVELOPMENT DALAM PRAKTEK MENGAJAR
PRE-SERVICE EFL TEACHERS' PERCEPTIONS ON THE USE OF ESP MATERIAL DEVELOPMENT IN THEIR TEACHING PRACTICE
Studi ini mengkaji persepsi calon guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) mengenai peran kursus Pengembangan Materi Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (ESP Material Development) dalam mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, terutama studi kasus. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas negeri di Surabaya, khususnya pada program studi pendidikan bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program pendidikan bahasa Inggris angkatan 2019 di Universitas Negeri di Surabaya yang telah mengikuti kursus Pengembangan Materi ESP dan telah melakukan praktik mengajar di SMK. Data dianalisis melalui wawancara semi-struktur dan tinjauan dokumen kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 di Universitas Negeri di Surabaya.Hasil wawancara dan analisis dokumen menunjukkan bahwa calon guru EFL berpendapat bahwa Pengembangan Materi ESP sangat penting untuk praktik mengajar mereka. Salah satu tantangan yang mereka hadapi dalam menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh untuk memenuhi kebutuhan siswa adalah tingkat kemampuan bahasa Inggris yang berbeda-beda di antara para siswa. Selain itu, hasil wawancara juga menunjukkan bahwa para guru berusaha untuk menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan dari kursus Pengembangan Materi ESP dalam praktik mengajar mereka.
Kata kunci: Calon guru, SMK, ESP Material Development.
This study examines the pre-service EFL teachers' perceptions of the role of English as a Foreign Language (EFL) Material Development (ESP Material Development) courses in teaching vocational high school (VHS). This present study uses qualitative research, especially case study. This study takes place at a state university in Surabaya, especially at an English language education study program. The subjects of this study were the English education program students 2019 cohort at the University State at Surabaya English education students of 2019 who had taken the ESP material development course and had done their teaching practice at VHS. The data analyzed by giving semi-structured interviews and reviewing documents to the University States of Surabaia English Education students of 2019. The results of the interview and document analysis showed that the Pre-Service EFL teacher thinks that ESP Materials Development are important for their teaching practices. One of the challenges they face in applying their knowledge to meet their students' needs is the varying English language proficiency levels among their students. In addition, the results of interview showed that teachers put some efforts to try implementing their knowledge that they got from ESP Material development course in their teaching practicum.
Keywords: Pre-service teacher, Vocational Highschool, ESP Material Development.