QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI TES KOGNITIF DALAM MENGGAMBAR PERSPEKTIF DI X-4 SMA NEGERI 1 MANTUP LAMONGAN
QUIZIZZ AS A COGNITIVE TEST EVALUATION MEDIA IN PERSPECTIVE DRAWING IN X-4 SMA NEGERI 1 MANTUP LAMONGAN
Penerapan penilaian evaluasi pembelajaran pada program kurikulum merdeka belajar oleh guru seni budaya di kelas X SMA Negeri 1 Mantup Lamongan masih menggunakan cara yang manual. Untuk mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian evaluasi hasil pengetahuan tes kognitif siswa dan juga penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik bagi siswa dalam memahami soal materi menggambar perspektif yaitu dengan menggunakan media Quizizz.
Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan mendeskripsikan efektivitas dalam menggambar perspektif pada penggunaan media Quizizz di kelas X-4 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik SPSS, dan Uji N-Gain untuk menganalisis peningkatan atau penurunan terhadap kognitif siswa pada materi soal menggambar perpektif.
Hasil dari kesimpulan ini adalah penerapan media pembelajaran Quizizz materi menggambar perspektif siswa dapat menjawab pertanyaan dengan sangat cepat, sehingga penerapan media Quizizz dapat digunakan sebagai media pembelajaran online untuk menilai pembelajaran di berbagai bidang mata pelajaran. Sedangkan efektivitas penggunaan media Quizizz dalam menilai hasil tes kognitif pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Mantup melalui perolehan pre-test dan post-test cukup mengalami peningkatan kognitif terhadap materi menggambar perspektif melalui Quizizz yakni 60% dari pada tes awal pre-test siswa sebelumnya yaitu masih mengalami penurunan nilai yaitu 0%.
Kata Kunci: Evaluasi, Quizizz, Kognitif, Menggambar Perspektif
The application of learning evaluation assessment in the independent learning curriculum program by cultural arts teachers in class X SMA Negeri 1 Mantup Lamongan still uses manual methods.To make it easier for teachers to carry out activities to evaluate the results of students' cognitive test knowledge and also the use of learning media that can be interesting for students in understanding questions about perspective drawing material, namely by using Quizizz media.
The purpose of this research is to determine the application and describe the effectiveness in drawing perspective on the use of Quizizz media in class X-4 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan.
This research method is descriptive quantitative. The data analysis technique uses descriptive statistical analysis, SPSS statistical analysis, and the N-Gain Test to analyze the increase or decrease in students' cognitive on the subject matter of drawing perspective.
The result of this conclusion is the application of Quizizz learning media in perspective drawing material students can answer questions very quickly, so the application of Quizizz media can be used as an online learning media to assess learning in various subject areas. While the effectiveness of the use of Quizizz media in assessing cognitive testresults in class X-4 students of SMA Negeri 1 Mantup through the acquisition of pre-test and post-test is sufficient to experience a cognitive increase in perspective drawing material through Quizizz, namely 60% from the initial test of the previous student pre-test, which is still experiencing a decrease in value, namely 0%.
Keywords: Evaluation, Quizizz, Cognitive, Perspective Drawing