Pola Adaptasi Siswa Baru di Sekolah Menengah Pertama Islam Berbasis Pesantren
Adaption Patterns Of New Students In Islamic Boarding Based First Junior High Schools
Asna, 2023. Pola Adaptasi Siswa Baru di Sekolah Menengah Pertama Islam Berbasis Pesantren. Tesis, Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. dan (II) Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd.
Kata Kunci: Adaptasi, Pesantren
Adaptasi merupakan penyesuaian diri terhadap lingkungan. Beradaptasi dengan kondisi baru tidaklah mudah, perbedaan budaya, karakter dan latar belakang dari masing-masing siswa tidaklah sama, tentu hal tersebut membuat para siswa harus melakukan adaptasi, karena sepatutnya untuk selalu mengikuti setiap aturan yang ada di sekolah lebih-lebih menghadapi lingkungan baru di dunia sekolah yang berbasis pesantren. Beradaptasi dengan sesuatu yang baru memang bukan hal yang mudah untuk mempelajari budaya baru yang bertentangan dengan budaya kita sendiri. Beragam budaya yang ada di pesantren yang mengahruskan santri untuk mengikuti budaya yang ada di pesantren, oleh sebab itu tidak jarang santri belum dapat beradaptasi dengan baik dengan budaya pesantren. Khususnya bagi mereka yang belum mengenal sama sekali budaya pesantren. dari hasil penelitian ditemukan pola pola santri yang sudah dapat beradaptasi dengan budaya yang ada di pesantren dan santri yang belum dapat beradaptasi dengan budaya pesantren. maka dari itu pentingnya konseling budaya dalam membantu santri beradaptasi dengan budaya pesantren.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui secara mendalam dan terperinci mengenai suatu permasalahan adaptasi siswa baru. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola adaptasi santri yang belum dapat dapat beradaptasi berbeda dengan pola adaptasi santri yang sudah dapat beradaptasi dengan budaya pesantren, setelah terlaksananya konseling budaya bagi santri yang belum dapat beradaptasi terdapat kemajuan yang baik terhadap santri yang belum dapat beradaptasi
Asna,2023, Adaptation Patterns of New Students in Islamic Junior High School Based on Pesantren. Thesis, Guidance and Counseling Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisors: (I) Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. and (II) Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd.
Keywords: Adaptation, Pesantren
Adaptation is an adjustment to the environment. Adapting to new conditions is not easy, cultural differences, characters and backgrounds of each student are not the same, of course this makes students have to adapt, because it is appropriate to always follow every rule in school more so facing a new environment in the world of pesantren-based schools. Adapting to something new is not an easy thing to learn a new culture that is contrary to our own culture. Various cultures in pesantren that require students to follow the culture in pesantren, therefore it is not uncommon for students to not be able to adapt well to the pesantren culture. Especially for those who are not familiar with the pesantren culture at all. from the results of the study, it was found that the pattern of students who have been able to adapt to the culture in the pesantren and students who have not been able to adapt to the pesantren culture. therefore the importance of cultural counseling in helping students adapt to pesantren culture.
This research method is a qualitative approach with a case study method to find out in depth and detail about a new student adaptation problem. Data were collected using observation, interview and documentation study techniques. The data validity test uses source and method triangulation techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results showed that the adaptation pattern of students who have not been able to adapt is different from the adaptation pattern of students who have been able to adapt to the pesantren culture, after the implementation of cultural counseling for students who have not been able to adapt there is good progress towards students who have not been able to adapt.