Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks
The Effect of Halal Label, Price, and Brand Image on Consumer Purchase Decisions at Starbucks
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh label halal, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk Starbucks pada Mahasiswa di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menyebar kuesioner sesuai kriteria responden yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menyatakan bahwa label halal dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Mahasiswa di Kota Surabaya menjadikan aspek label halal dan citra merek sebagai penentu keputusan pembelian konsumen dalam membeli serta mengonsumsi produk Starbucks. Sedangkan aspek harga tidak menjadi bagian dari penentu keputusan pembelian konsumen
Kata kunci: Label Halal, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian Konsumen
The objective of this study was to identify the effect of halal labels, prices, and brand image on consumer purchasing decisions for Starbucks products to students in the city of Surabaya. The research method used is quantitative research with multiple linear regression analysis techniques. The sampling technique in this study used purposive sampling by distributing questionnaires according to predetermined respondent criteria. The results of the study stated that the halal label and brand image had a positive effect on consumer purchasing decisions. However, price has a negative effect on consumer purchasing decisions. These results indicate that students in the city of Surabaya make aspects of halal labels and brand image as determinants of consumer purchasing decisions in buying and consuming Starbucks products. While the price aspect is not part of the determinants of consumer purchasing decisions.