Rancang Bangun Trainner Cutting Kopling Basah Pada Sepeda Motor
DESIGN OF TRAINNER CUTTING ON MOTORCYCLE
ABSTRAK
RANCANG BANGUN TER CUTTING KOPLING BASAH PADA SRAINNEPEDA MOTOR
Nama : Moh Wahid Fathur Rozaq
NIM : 16050423046
Program Studi : D3
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Diastian Vinaya W., S.T., M.T.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat manusia selalu berinovasi dan mengembangkan kreativitasnya untuk membuat sebuah inovasi. Dalam dunia otomotif menggetahui cara kerja kopling basah sepeda motor, khusunya sistem kopling terdapat berbagai macam sistem kopling yang menjadi kesatuan fungsinya memutuskan dan menghubungkan putaran mesin dari poros engkol ke transmisi selanjutnya. Melihat kondisi yang ada terciptanya peluang untuk lebih dikembangkan lagi sebuah mesin trainer yang dapat dipelajari dengan mudah dan efisien. Berdasarkan latar belakang di atas maka Tujuan penelitianya adalah: 1,Mendesikripsikan desain Trainer Cutting kopling basah Pada Mesin sepeda Motor.2,Mendeskripsikan kinerja penggerak pada Trainner Cutting kopling basah pada mesin sepeda motor. Untuk menyelesaikan “rancang bangun trainer cutting kopling basah pada sepeda motor ” ini yang nantinya akan memudahkan dalam membuat trainer cutting kopling basah. Berdasarkan hasil percobaan mekanisme konsep sistem dan penggerak pada trainer cutting kopling basah dirangkai dan diketahui komponen-komponen utama yang dibutuhkan. trainer ini di buat dari beberapa komponen utama yaitu diameter pulley 109mm dan 44,5mm, v-belt dengan Ukuran sabuk yang dipakai adalah sabuk Tipe A dengan panjang 792mm, penggerak mesin trainner cutting kopling basah menggunakan motor listrik dan kinerja penggerak trainner cutting dapat di gunakan secara optimal dan stabil ketika menggunakan motor listrik dengan kecepatan 1200 rpm dengan diameter pulley 109mm dan 44,5mm dan menghasikan kecepatan 1250rpm dan kinerja penggerak trainner cutting dapat di gunakan secara optimal dan stabil ketika menggunakan motor listrik dengan kecepatan 1200 rpm dengan diameter pulley 109mm dan 44,5mm dan menghasikan kecepatan 1250rpm
KataKunci: Cara Kerja Kopling Basah Sepeda Motor, Chassis, Perancangan, Perhitungan,PengembanganChassis.
ABSTRACT
DESIGN OF TRAINNER CUTTING WET Clutch ON MOTORCYCLE
Name : Moh Wahid Fathur Rozaq
Study Program : D3
Department : Mechanical Engineering
Faculty : Engineering
Institution Name : Surabaya State University
Supervisor :Diastian Vinaya W., S.T., M.T.
The rapid development of technology makes hurnans always innovate and develop their creativity to make an innovation. In the automotive world, knowing how a motorcycle wetclutch works, especially the cluth system, there are various kinds of clutch systems which become the unitary function of deciding and connecting the engine speed from the crankshaft to the next transmission. Seeing the existing coditions creates anopportunity to further develop a trainer machine that can be learned easily and efficiently . based on the above background , the objective of the research are to describe the design of the wet cluth cutting trainer on a motorcycle engine 2, to describe the driving performance of the wet cluth cutting trainer on a motorcycle engine. To complete this "design of a wet clutch cutting trainer on a motorcycle" which will make it easier to make a wet clutch cutting trainer. Based on the experimental results of the system concept mechanism and the drive on the wet clutch cutting trainer, it is assembled and the main components needed are known. This trainer is made of several main components, namely pulley diameters of 109mm and 44.5mm, v-belt with the size of the belt used is a Type A belt with a length of 792mm, the wet clutch cutting trainner engine driver uses an electric motor and the performance of the cutting trainner drive can be used. optimally and stably when using an electric motor with a speed of 1200 rpm with a pulley diameter of 109mm and 44.5mm and produces a speed of 1250rpm and the driving performance of a cutting trainner can be used optimally and stable when using an electric motor with a speed of 1200 rpm with a pulley diameter of 109mm and 44 .5mm and produces a speed of 1250rpm
Keywords: How the Motorcycle Wet Clutch Works, Chassis, Design, Calculation, Chassis Development.