Interpretasi Lagu "Segalariak" Karya Josu Elberdin Oleh Yosafat Rannu Lepong Dalam Tinjauan Conducting
Interpretation Of The "Segalariak" Song By Josu Elberdin By Yosafat Rannu Lepong In The Conducting Review
Seorang conductor dalam menyajikan suatu karya musik membutuhkan konsep atau teknik tentang bagaimana karya musik yang akan ditampilkan bisa lebih indah dan hidup. Menginterpretasikan lagu merupakan hal yang paling penting oleh pelatih paduan suarakarena bertujuan agar lagu yang dimainkan tidak monoton melainkan indah dan berekspresi bila di nikmati oleh pendengar. Melalui lagu “Segalariak”, Yosafat menginterpretasikan teknik conductingnyaBersama PSM Universitas Ciputra dan telah berhasil mendapatkan Gold Medalpada kompetisi 9thBrawijaya Choir Festival tahun 2019 dalam kategori Mixed Choiryang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang. fenomena tersebut menjadikan penulis ingin sekali mengetahui bagaimana metode atau langkah-langkah yang dilakukan Yosafat saat menginterpretasikan lagu “Segalariak” dan bagaimana penerapan interpretasi teknikconducting oleh Yosafat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Karena sumber datanya mengenai diskripsi atau analisa. Objek penelitian difokuskan pada interpretasi lagu dalam tinjauan conducting tersebut dengan menerapkan beberapa teori diantaranya teknik conducting, harmoni, bentuk musik dan struktur musik.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Metode atau langkah-langkah interpretasi yang digunakan oleh Yosafat saat akan menginterpretasikan lagu “Segalariak” ini yaitu yang pertama memahami bentuk lagu yang ada di lagu “Segalariak”, harmoni, ritme dan birama, tempo, lirik lagu dan dinamika. Penerapan interpretasi dalam tinjauan teknik conductingyang dilakukan oleh Yosafat pada lagu “Segalariak” meliputi persiapan lagu (attack), Tahapan saat bernyanyi dan tahapan mengahiri lagu (realese).Isyarat matra pada lagu “Segalariak” yaitu 4/4, 6/8 dan 3/4. Teknik tahapan saat attack dilakukan saat akan memulainya lagu dan perpindahan tempo, birama dan dinamika. Tahapan saat bernyanyi dilakukan saat menemui dinamika. Tahapan mengahiri lagu (realese) dilakukan saat mengahiri lagu.Melalui beberapa aspek tersebut akhirnya dihasilkan bagaimana cara interpretasi lagu “Segalariak” karya Josu Elberdin oleh Yosafat Rannu Lepong dalam tinjauan conducting.
A conductor in giving a piece of music that requires a concept or technique of how a piece of music that will need can be more beautiful and lively. Interpreting the song is the most important thing by the choir coach because it aims to make the song played not monotonous but beautiful and expressing if enjoyed by the listener. Through the song "Segalariak", Yosafat interpreted his conduct technique with PSM Ciputra University and has succeeded in getting a Gold Medal in the 9th Brawijaya Choir Festival competition in 2019 in the Mixed Choir category organized by Brawijaya University Malang. This phenomenon makes the writer want to learn the method or steps taken by Yosafat when interpreting the song "Segalariak" and how to apply the application of interpretation techniques by Yosafat.
This study uses a qualitative method. Because the data source is about description or assessment. The object of research is focused on song interpretation in the conducting review. Applying several theories that discuss conducting techniques, harmony, musical form and musical structure. techniques collection data are done by observation, interview and documentation.
The method or steps of interpretation used by Yosafat when interpreting the song "Segalariak" was the first to understand the form of songs in the song "Segalariak", harmony, rhythm and time, tempo, song lyrics and dynamics. Aplication of interpreted in the review of conductingtechniuqes by Yosafat on the song "Segalariak" include the preparation of the song (attack), the stages when singing and end the song (realese). The gesture the song "Segalariak" is 4/4, 6/8 and 3/4. The stages of the attack technique are carried out when the song starts and transitions of tempo, time and dynamics Stages when singing is done when meeting dynamics. The ending stage of the song (realese) is done when ending the song. Through a number of aspect, it was finally produced how to interpretation the song “Segalariak” by Josu Elberdin in thecniques conducting by Yosafat.