PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS SEKOLAH
THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN SUPPORTING THE IMPLEMENTATION OF SCHOOL PUBLIC RELATION MANAGEMENT
Humas merupakan suatu mediator yang menghubungkan segala aktivitas sekolah dengan masyarakat. Untuk memenuhi tugas dan peran tersebut, dibutuhkan manajemen humas yang dapat membantu sekolah terhubung dengan masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial yang menandai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial sebagai media humas di sekolah. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis artikel penelitian yang terdiri dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional yang relevan. Berdasarkan hasil analisis pada artikel-artikel tersebut, ditemukan beberapa peran media sosial yang dapat mendukung implementasi manajemen humas sekolah. Peran-peran tersebut di antaranya, (1) Media sosial sebagai media informasi dan komunikasi, (2) Media sosial sebagai media promosi/marketing, (3) Media sosial sebagai media branding/building image. Media sosial sangat membantu proses kegiatan humas meskipun masih terdapat kendala dalam penerapannya. Adapun platform media sosial yang dapat mendukung implementasi manajemen humas yakni, Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube, dan Twitter.
Kata kunci: media sosial, humas sekolah, promosi, branding sekolah.
Public Relations is a mediator that connects all school activities with the community. To fulfill these duties and roles, public relations management is needed that can help schools connect with the community. One of them is by utilizing social media which marks the development of information and communication technology in the digital era. The purpose of this article is to analyze the use of social media as a public relations medium in schools. This article uses the literature study method by analyzing research articles consisting of 10 national articles and 10 relevant international articles. Based on the results of the analysis of these articles, several roles of social media were found that can support the implementation of school public relations management. These roles include, (1) Social media as information and communication media, (2) Social media as promotion/marketing media, (3) Social media as branding/image building media. Social media is very helpful in the process of public relations activities although there are still obstacles in its application. The social media platforms that can support the implementation of public relations management are Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube, and Twitter.
Keywords: social media, school public relations, promotion, school branding.