PENERAPAN PERMAINAN SHIRITORI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
THE APPLICATION OF THE SHIRITORI GAME IN LEARNING JAPANESE VOCABULARY
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji hasil-hasil penelitian, mengenai penerapan permainan shiritori yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang, hasil penerapan permainan shiritori serta respon guru dan siswa terhadap permainan shiritori dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang, dengan tujuan utama penelitian ini mencoba memberikan solusi secara konseptual mengenai alternatif teknik permainan lainnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Hasil kajian terhadap hasil-hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut: 1) Langkah-langkah permainan shiritori dalam pembelajaran bahasa Jepang, meliputi: tahap persiapan dan pelaksanaan pembelajaran secara berkelompok; 2) penerapan permainan shiritori dalam pembelajaran kosakata sangat berkontribusi terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa, yaitu (1) memotivasi siswa sehingga berperan aktif dan memiliki minat dalam proses pembelajaran. (2) mempermudah siswa dalam mengingat kosakata. (3) melatih konsentrasi siswa sehingga berpikir secara cepat tanggap. (4) permainan shiritori dapat membangun rasa tanggungjawab siswa. (5) Permainan shiritori dapat membangun minat dan motivasi belajar (6) mengurangi kesenjangan antara siswa dan guru. (7) permainan shiritori efektif meningkatkan kosakata siswa; sedangkan 3) kesulitan atau kendala yang dialami guru dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang adalah kendala dalam pengelolaan kelas. Solusi yang diajukan penulis dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik permainan dengan mengaplikasikan game berbasis android. Diharapkan melalui pemanfaatan perangkat ICT, pembelajaran kosakata bahasa Jepang menjadi lebih praktis. Selain itu, guru dapat mengarahkan siswa menggunakan gadget bukan hanya untuk bermain media sosial tapi juga untuk belajar.
Kata kunci: Permainan shiritori, kosakata bahasa Jepang, game berbasis android
Abstract
The study aims to examine the results of the study, regarding the application of the Shiritori games used in learning Japanese vocabulary, the results of Shiritori games and the response of teachers and students to the game Shiritori in the learning of Japanese vocabulary, with the main purpose of this research try to provide solutions conceptually about alternatives to other game techniques in learning Japanese vocabulary. The results of the study of the results are as follows: 1) The steps of the game Shiritori in Japanese language learning, including: preparatory stage and implementation of group learning; 2) The implementation of the game in vocabulary learning greatly contributes to changes in students ' attitudes and behaviors, i.e. (1) Motivating students so that they play an active role and have an interest in the learning process. (2) Facilitate students in remembering vocabulary. (3) Training students ' concentration so as to think quickly. (4) The game can build a sense of responsibility of students. (5) Shiritori games can build interest and learning motivation (6) reducing gaps between students and teachers. (7) Effective games improve student vocabulary; While 3) difficulties or constraints experienced by teachers in the study of Japanese vocabulary is a constraint in class management. The solution the author proposed in this study was the use of game techniques by applying Android-based shiritori games. Hopefully through the utilization of ICT devices, learning Japanese vocabulary is more practical. In addition, teachers can direct students using gadgets not only to play social media but also to learn.
Keywords: Shiritori games, Japanese vocabulary, Android based games