Menulis adalah salah satu peran penting dalam bahasa Inggris. Menulis meliputi beberapa komponen bahasa seperti ejaan, tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan. Ada juga banyak jenis teks yang harus dikuasai oleh peserta didik. Jenis teks tersebut adalah narasi, teks recount, laporan, deskriptif dan sebagainya. Saat ini, para pendidik dituntut untuk mengikuti era modern. Jadi proses belajar di kelas harus dikembangkan. Namun di beberapa daerah, guru masih menggunakan metode konvensional. Guru harus aktif dan kreatif dalam menggunakan media yang tepat, sehingga peserta didik dapat menangkap detail materi dengan mudah. Dalam kegiatan pembelajaran, media dialokasikan dalam tiga jenis, yaitu; media visual, media audio dan media audiovisual. Guru harus menawarkan media yang menarik untuk menarik perhatian peserta didik. Dengan menggunakan film tersebut, seorang peneliti berharap bahwa peserta didik akan memperhatikan guru dan pelajarannya.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di ruang kelas. Subjek penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Gresik dan siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan catatan lapangan dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Setelah data dikumpulkan, hasil tersebut dianalisis melalui tiga langkah yang menyalin, mengkategorikan, dan menafsirkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga langkah implementasi film sebagai media untuk mengajarkan teks recount yaitu previewing, viewing, dan post viewing. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan bahwa penggunaan film sebagai media untuk belajar menulis dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis siswa.
Writing has become one of important role in English language. Writing involves some language components such as spelling, grammar, vocabulary, and pronunciation. There are also many kinds of text which should be mastered by learners. They are narrative, recount text, report, descriptive and so on. Today, the educators are required to follow the development era. So the process of schooling in the class should be developed. But in some areas, teachers still use a conventional method. The educator must be active and creative in using an appropriate media, so the learners can catch the material details easily. In the learning activity, media is allocated in three kinds, those are; visual media, audio media and audiovisual media. The teacher should offer interesting media to attract the learner’s attention. By using the movie, a researcher expect that the learners will pay attention to the teacher and the lesson.
This research used qualitative design with case study. This study was conducted in classroom. The subject of this study was a teacher of senior high school 1 Gresik and the students of tenth grade. The data were collected through observation and interview by using field note and questionnaire as the research instruments. After the data were collected, they were analyzed through three steps which are familiarizing, categorizing, and interpreting. The result of this study showed that there are three steps of implementation of movie as a media to teach recount text namely previewing, viewing, and post viewing. Besides, the result also showed that the use of movie as a media to learn writing could increase the students’ writing motivation and skill in writing.