SURVEI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK DI SMPN 01 PASRUJAMBE
Kendala dalam pembelajaran menggunakan sistem daring mengakibatkan banyak permasalahan, sehingga ketika pembelajaran tatap muka sudah kembali normal sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMPN 01 Pasrujambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup. Angket dalam penelitian ini mengenai minat belajar siswa dengan indikator faktor sikap, keinginan, ketekunan, dan dorongan. Angket dalam penelitian ini terdapat beberapa pilihan yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C dengan jumlah 108 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII B sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dimana dari data yang telah terkumpul akan disajikan dalam bentuk tabel. Dan hasil data tersebut menunjukkan bahwa faktor minat belajar yang terdiri dari: sikap dengan nilai persentase yang paling tinggi 67% kategori sedang, keinginan dengan hasil yang dominan sebesar 64% kategori sedang, ketekunan sebesar 56% kategori tinggi dan dorongan terhadap prestasi sebesar 64% dengan kategori sedang. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa survei minat belajar siswa terhadap pembelajaran PJOK berkategori sedang dengan nilai persentase sebesar 58%. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dari siswa memiliki tingkat sedang dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMPN 01 Pasrujambe.
Kata Kunci: minat belajar; pembelajaran PJOK; siswa
Constraints in learning to use the online system cause many problems, so that when face-to-face learning returns to normal, it greatly affects student motivation. This study aims to determine students’ interest in learning PJOK at SMPN 01 Pasrujambe. This research uses a quantitative approach with quantitative descriptive analisys using survey methods. The questionnaire in this study was about students’ interest in learning with indicators of attitude, desire, perseverance, and encouragement factors. Data was collected using a closed questionnaire. The questionnaire in this study was about students’ interest in learning. The questionnaire in this study has several options, high, medium, and low. The population used in this study were class VIII student consisting of three classes, namely class VIII A, VIII B, and VIII C with a total of 108 students taken by cluster random sampling. The selected sample is class VIII B as many as 36 students. The data analysis technique in this study uses descriptive analysis in which the data that has been collected will be presented in tabular form. The result of the data showed that the learning interest factors which consisted of: attitude with the highest percentage value of 67% in the medium category, the desire with the dominant result of 64% in the medium category, perseverance with 56% in the high class and encouragement for achievement in 64% with medium category. Eventually, the result of the study indicated that the percentage value from the survey of student interest in learning PJOK by category was 58%. It coult be concluded that most of students at SMPN 01 Pasrujambe had a medium level of learning PJOK.
Keywords: interest in learning; physical education; student