KELAYAKAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PADA LARUTAN PENYANGGA
FEASIBILITY OF ARGUMENTATION SKILL ASSESSMENT INSTRUMENT ON BUFFER SOLUTION
Keterampilan argumentasi penting untuk dikuasai peserta didik, karena mencakup dua keterampilan penting abad 21, yakni keterampilan berikir kritis dan keterampilan berkomunikasi. Salah satu pola argumentasi adalah Toulmin’s Argumen Pattern yang terdiri dari claim, evidence, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik yaitu dengan tersedianya instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian keterampilan argumentasi yang layak yaitu memenuhi kriteria validitas teoretis dan validtas empiris. Penelitian ini merupakan merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, kurikulum, dan peserta didik. Tahap perancangan meliputi pengumpulan referensi pendukung, penyusunan kisi-kisi soal tes, penulisan soal tes dan rubrik penskoran, serta penyusunan instrumen penelitian. Tahap pengembangan terdiri dari penyusunan produk dan uji ahli. Tahap implementasi dilakukan implementasi awal dan tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif. Subjek penelitian ini yaitu instrumen penilaian keterampilan argumentasi pada larutan penyangga. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar telaah, lembar validasi, dan lembar tes keterampilan argumentasi. Hasil validasi dari tiga validator yaitu pada validitas isi mendapatkan modus dengan skor 4 dan 5 dengan kriteria valid dan sangat valid. Pada aspek konstruk mendapatkan modus dengan skor 5 dengan kriteria sangat valid. Hasil validitas empiris lima soal secara urut adalah 0,791; 0876; 0,961; 0,927; dan 0,871 yang telah memenuhi kriteria rhitung > rtabel sehingga dapat dinyatakan valid. Reliabilitas didapatkan nilai koefisien rhitung sebesar 0,922 lebih besar dari rtabel yang bernilai 0,468. Tingkat kesukaran soal memperoleh hasil 3 kategori mudah dan 2 kategori sedang. Daya pembeda soal memperoleh hasil 4 kategori cukup dan 1 kategori jelek. Soal yang daya pembedanya jelek yaitu soal nomor 1 perlu dilakukan revisi dan soal nomor 2,3,4, dan 5 dapat dikategorikan baik. Instrumen penilaian keterampilan argumentasi layak digunakan untuk mengukur keterampilan argumentasi peserta didik pada materi larutan penyangga.
Kata Kunci: Instrumen penilaian, keterampilan argumentasi, larutan penyangga, validitas teoretis, validitas empiris.
Argumentation skills are important for students because they include two important skills of the 21st century, namely critical thinking skills and communication skills. Toulmin's Argument Pattern consists of claim, evidence, warrant, backing, qualifier, and rebuttal. Developing students' argumentation skills needed an assessment instruments. This study aims to produce a qualified argumentation skills assessment instruments according the criteria of theoretical validity and empirical validity. This research is a development research with the ADDIE model that is analysis, design, development, implementation, and evaluation. The analysis stage includes needs analysis, curriculum, and student. The design stage includes collecting supporting references, preparing questions plan, preparing question plans, writing test questions and scoring rubrics, and preparing research instruments. The development stage consists of product preparation and expert testing. At the implementation stage, initial implementation is conducted and the evaluation stage conduct a formative evaluation. The subject of this study is an instrument for assessing argumentation skills in buffer solutions. The research instruments used are review sheets, validation sheets, and argumentation skill test sheets. The validation results of the three validators which a content validity, get a mode with a score of 4 and 5 with valid and very valid criteria. In the construct aspect, get a mode with a score of 5 with very valid criteria. The empirical validity result of the five questions in order are 0.791; 0876; 0,961; 0,927; and 0.871 can be declared as valid because the value of rcalculate > rtable. The value of reliability obtained 0.922 which is greater than the rtable which is 0.468. The difficulty level of the question obtained are 3 easy and 2 medium categories. The discriminating power of the question obtained are 4 sufficient and 1 bad category. Questions with poor discriminating power are questions number 1 needs to be revised and questions number 2, 3, 4, and 5 can be categorized as good. The argumentation skill assessment instrument is qualified to measure students' argumentation skills on buffer solution material.
Keywords: Assessment instruments, argumentation skills, buffer solutions, theoretical validity, empirical validity.