Penerapan Model Pembelajaran STAD Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N 1 Bangilan
Application of the STAD Learning Model Students' Curiosity in Social Sciences Subjects at SMP N 1 Bangilan
Pembelajaran Student Team Achievement Division merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara terpusat kepada siswa melalui belajar kelompok yang disetting secara terstruktur dengan bantuan guru sebagai fasilitator. Dalam penelitian ini menemukan fakta bahwa siswa yang memiliki antusias tinggi dalam mencari jawaban dari berbagai sumber belum tentu memiliki rasa percaya diri dalam menyampaikan pertanyaan maupun mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan rasa ingin tahu siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IX-E SMP Negeri 1 Bangilan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa perkembangan tingkat rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bangilan selama lima pertemuan.
Student Team Achievement Division learning is a learning model that is implemented centered on students through group learning in a structured atmosphere with the help of the teacher as a facilitator. This research found that students who have high enthusiasm for seeking answers from various sources do not necessarily have the confidence to ask questions or express their opinions. The aim of this research is to determine the development of students' curiosity through the application of the STAD learning model in social studies subjects. This research approach is qualitative with the type of research being descriptive research. The research subjects in this study were students in class IX-E of SMP Negeri 1 Bangilan. Data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. Data validation was carried out using triangulation techniques. The results of the research concluded that the development of students' level of curiosity increased after implementing the STAD learning model in social studies subjects at SMP Negeri 1 Bangilan for five meetings.