Assyita, Ummu Hani. 2019. Rhetorical Moves in English Language Teaching and Learning Research Article Abstracts Published in an Indonesian Indexed Journal. Thesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Rhetorical Moves, Research Article (RA), Abstract, Journal.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki gerak retoris artikel penelitian yang ditulis oleh orang Indonesia dalam bentuk abstrak tulisan yang diterbitkan dalam jurnal terindeks Indonesia. Analisisnya adalah dalam hal Gerakan retoris mereka sebagaimana tercermin dalam Abstrak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari RAs jurnal English Language Teaching and Learning. Dalam menganalisis RA Abstract, model Swales dan Feak move (2004) digunakan sebagai parameter. Analisis berisi pemeriksaan Moves dan daya tarik persuasif RA melalui realisasi linguistik yang digunakan.
Studi ini mengungkapkan tiga temuan penting. Yang pertama menunjukkan bahwa Gerak retoris yang digunakan oleh akademisi Bahasa Inggris Indonesia dalam artikel penelitian ELTL pada Abstrak sering menampilkan 4 jurus (latar belakang, tujuan, metode, dan hasil) dari 5 jurus. Presentasi 4 gerakan ini secara struktural dan substansial berurutan dan dibuat secara linier menggunakan kata kunci eksplisit yang mewakili setiap gerakan yang umumnya dimiliki oleh abstrak. Langkah baru dalam Abstrak berlabel Rekomendasi atau Saran ditemukan dalam penelitian ini meskipun tidak terlalu sering muncul. Meskipun temuan ini tidak selalu mengikuti presentasi Langkah berurutan Swales dan Feak, presentasi empat langkah telah disajikan secara logis dan koheren secara substansial. Ada alasan tidak adanya 1 langkah dalam Abstrak. Alasan tersebut adalah menghindari poin pengulangan, kesederhanaan atau efisiensi terkait ketersediaan ruang, preferensi dan pembenaran Penulis. Dengan demikian, ketiadaan beberapa Gerakan mencerminkan pergeseran tradisi bagaimana Abstrak harus ditulis dalam artikel Penelitian.
Key Words: Rhetorical Moves, Research Article (RA), Abstract, Journal.
This study aims at investigating rhetorical Moves of research articles written by Indonesian in writing abstracts published in an Indonesian-indexed journal. The analysis was in terms of their rhetorical Moves as reflected in the Abstract.
This study is a qualitative study. The data were obtained from RAs of a journals of English Language Teaching and Learning. In analyzing RA Abstract, Swales and Feak move model (2004) is used as parameter. The analysis contains the examination of Moves and their persuasive appeals of the RAs through their linguistic realization used.
The study reveals three important findings. The first one shows that the rhetorical Moves used by Indonesian English academics in ELTL research articles on the Abstracts frequently presents 4 moves (background, aim, method, and result) out of 5 moves. These 4 moves presentation are structurally and substantially sequent and linearly fashioned using explicit key words representing each move the abstracts commonly have. A new Move in Abstract labeled as Recommendation or Suggestion is found in this study although it does not appear most often. Although this finding does not always follow Swales and Feak’s sequential Move presentation the four moves presentation have been logically presented and substantially coherent. There are reasons for the absence of 1 move in Abstract. Those reasons are avoiding repetition points, simplicity or efficiency regarding space availability, Writer’s preference and justification. Thus, the absence of some Moves reflect the shifting tradition of how Abstract should be written in RA.