ABSTRAK
Farihani, Salisa. 2014. Profil Pemecahan Masalah Matematika Guru Sekolah Dasar ditinjau dari Perbedaan Gender. Tesis, Progran Studi Pendidikan Matematika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Agung lukito, M.S., dan (2) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si.
Kata-kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Guru Sekolah Dasar, Gender.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah guru laki-laki Sekolah Dasar dan mendeskripsikan profil pemecahan masalah guru perempuan Sekolah Dasar.
Penelitian yang berjenis deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan metode wawancara dan tes tulis dalam mengumpulkan data. Subjek yang dipilih sebayak dua orang, yaitu guru laki-laki Sekolah Dasar dan guru perempuan Sekolah Dasar. Dimana, dalam memilih subjek tersebut diberlakukan tiga batasan yaitu guru kelas VI, memiliki masa kerja yang sama atau setidaknya memiliki selisih kurang dari dua tahun, dan memiliki kemampuan matematika sama (dengan perbedaan maksimal 10 dari skor total).
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa subjek laki-laki dalam menyelesaikan masalah bilangan memahami dengan cara mengakses informasi dengan membaca lebih dari satu kali, setelah itu subjek mengidentifikasi informasi-informasi penting yang harus dicari terlebih dahulu. Pada saat menyusun rencana penyelesaian, subjek fokus untuk menemukan langkah awal dalam menyelesaikan masalah, berusaha mencari informasi penting yang belum diketahui sebelum menyelesaikan masalah, dan menuliskan langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Selanjutnya, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian dan yakin bahwa langkah penyelesaian yang diambil benar, pada saat menyelesaikan masalah, setelah menyelesaikan satu langkah, subjek menghitung langsung hasil yang diperoleh dan yakin hasilnya benar dan tidak akan memperoleh hasil yang berbeda. Sedangkan dalam memecahkan masalah geometri dengan cara mengakses informasi dengan membaca lebih dari satu kali dan berusaha memahami bentuk bangun pada gambar. Pada saat menyusun rencana penyelesaian, subjek mencari bagaimana cara menentukan luas bangun keseluruhan dengan menggunakan rumus-rumus yang sesuai serta menuliskan langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Selanjutnya, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian dan yakin bahwa langkah penyelesaian yang diambil benar, pada saat menyelesaikan masalah dan menyelesaikan satu langkah, subjek menghitung langsung hasil yang diperoleh dan yakin hasilnya benar dan tidak akan memperoleh hasil yang berbeda.
Subjek perempuan dalam memecahkan masalah bilangan dengan cara mengakses informasi dengan membaca lebih dari satu kali dan berusaha mengidentifikasi informasi-informasi penting yang harus dicari terlebih dahulu. Pada saat menyusun rencana penyelesaian, subjek fokus untuk mencari kunci/ langkah awal dalam menyelesaikan masalah dan mencari informasi penting yang belum diketahui sebelum menyelesaikan masalah. Selanjutnya, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian dan yakin bahwa langkah yang diambil sudah benar, namun ada beberapa langkah yang berlebihan yang tidak diperlukan dalam menyelesaikan masalah, subjek terkadang juga mencoba dikertas oret-oretan sebelum menuliskan langkahnya pada lembar jawaban. Setelah selesai mengerjakan, subjek memeriksa kembali langkah-langkahnya dan menghitung ulang hasil yang diperoleh serta mengembalikan pada soal dan yakin hasilnya benar dan tidak akan memperoleh hasil yang berbeda. Sedangkan dalam memecahkan masalah geometri dengan cara mengakses informasi dengan membaca lebih dari satu kali dan berusaha memahami bentuk bangun pada gambar, serta menggambar ulang gambar pada lembar jawaban dengan menyertakan ukuran-ukuran yang tertera. Pada saat menyusun rencana penyelesaian, subjek mencari bagaimana cara menetukan luas bangun keseluruhan dan menggambar salah satu sisi pada bangun untuk menentukan rumus-rumus yang sesuai. Selanjutnya, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian dan yakin bahwa langkah yang diambil sudah benar. Setelah selesai mengerjakan, subjek memeriksa rumus dan angka-angka yang dimasukkan pada rumus kemudian menghitung ulang dan yakin hasilnya benar dan tidak akan memperoleh hasil yang berbeda
ABSTRACT
Farihani, Salisa. 2014. Profile of Elementary School Teachers Mathematics Problem Solving Based on Gender Differences. Thesis, Department of Mathematics Education, Post Graduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Dr. Agung Lukito, M.S., and (2) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si.
Keywords: Problem solving, Mathematics, Elementary school teacher, Gender.
This research aims to describe the profile of male subjects in solving the numbers problem, to describe the profile of male subjects in solving geometry problems, to describe the profile of female subjects in solving the number problems, and to describe the profile of female subjects in solving geometry problems.
The research was descriptive-explorative with qualitative approach using interviews and written tests in collecting the data. Subjects of this research were two persons, i.e. one male and one female elementary school teacher. In choosing the subjects, there are three criteria: teaching in the sixth grade, have the same years of work period or at least have a difference of less than two years, and have the similar mathematical ability (with a maximum difference 10 of the total score).
In this study, researcher found that the male subject understood the numbers problem by means of accessing information by reading more than once, after that the male subject identified the important information that should be searched. The male subject devised a plan by finding the first step in solving the problem, trying to find the important information that has not been known before solve the problem, and writing the steps that will be used to solve the problem. Furthermore, the male subject solved the problem in accordance with the plan. The male subject was confident that steps in solving numbers problem were right. The male subject looked back the finishing problem by means of calculating directly, i.e. after finishing one step, the male subject recalculated the results obtained and was sure that the result was right and will not obtain different result. While in solving geometry problems, the male subject understood how to access the information by reading more than once and tried to understand the shape of plane in the picture. The male subject devised a plan by searching how to determine the area of whole plane using appropriate formulas and writing the steps will be used to solve the problem. Furthermore, the male subject solved the problem in accordance with the plan. The male subject was confident that steps in solving geometry problem were right. The male subject looked back the finishing problem by means of calculating directly, i.e. after finishing one step, the male subject recalculated the results obtained and was sure that the result was right and will not obtain different result.
The female subject understood the numbers problem by means of accessing information by reading more than once, after that the female subject identified the important information that should be searched. The male subject devised a plan by finding the key step/ the first step in solving the problem, trying to find the important information that has not been known before solve the problem. Furthermore, the female subject solved the problem in accordance with the plan. The female subject was confident that steps in solving numbers problem were right, but there are some redundant steps that are not required in solving problems, and sometimes the female subject also tried to scribble on the paper before writing the stepson the answer sheet. The female subject looked back the steps and recalculated the results obtained as well as returned on the problem and was sure that the result was bright and will not obtain different result. While in solving geometry problems, the female subject understood how to access the information by reading more than once, tried to understand the shape of plane in the picture, and redrew the image on the answer sheet by including measures listed. The female subject devised a plan by searching how to determine the area of whole plane and drawing one side of the plane to determine the appropriate formulas. Furthermore, the female subject solved the problem in accordance with the plan. The female subject was confident that steps in solving geometry problem were right. The female subject looked back the formula and the result of calculation, recalculated again the result, and was sure that the result was right and will not obtain different result.