EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT! SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACA SISWA DALAM TEKS NARATIF
THE EFFECTIVENESS OF USING KAHOOT! AS A MEDIA TO IMPROVE STUDENTS' READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT
Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang substansial dalam pemahaman membaca siswa di teks naratif setelah pemberian pembelajaran menggunakan Kahoot! sebagai platform untuk siswa kelas 10 di salah satu SMA di Lamongan. Metode yang digunakan adalah eksperimental kuantitatif yang mengaplikasikan pretest-posttest research design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang memiliki 20 siswa dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang juga memiliki 20 siswa. Proses pengajaran yang dilakukan di kelas kontrol menggunakan buku teks sebagai media, sedangkan di kelas eksperimen menggunakan Kahoot!. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman membaca. Peneliti menggunakan Paired Sample T-test di SPSS 26 untuk menganalisis hasilnya. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikannya yaitu .000 dimana nilai tersebut kurang dari tingkat signifikan 0,05. Oleh karena itu, ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pre-test dan post-test siswa. Kemudian, untuk menunjukkan nilai signifikan tertentu dari kelas eksperimen, peneliti menghitung ukuran efek yang nilainya adalah 0,9 yang berarti bahwa treatment yang telah diberikan berhasil memberikan efek sedang ke kelas eksperimen. Itu juga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kahoot! sebagai media untuk siswa kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas di Lamongan memengaruhi nilai mereka dalam pemahaman membaca teks naratif.
Kata Kunci: Kahoot!, Media, Pemahaman Membaca, Teks Naratif.
The researcher's intention in doing this research was to know if there is a substantial difference in the comprehension of students reading in a narrative text after treatment with Kahoot! as a platform for 10th graders at one of the Senior High Schools in Lamongan. The method used was quasi-experimental pretest-posttest research design. There were two classes of this research, and they are X Social 1 as experimental class which has 20 students and X Social 2 as control class which also has 20 students. The teaching process done in control class was using textbook as a media, while in experimental class was using Kahoot!. The research instrument used was a reading comprehension test. The researcher utilized Paired Sample T-test in SPSS 26 to analyze the results. It shows that the significant value was .000, which was less than the significant level 0.05. Therefore, this indicated that there was difference between the pre-test and post-test score of students. Then, to show the specific significant value of experimental treatment, the researcher calculate the effect size which value was 0.9 which means the treatments given successfully gave moderate effect to the experimental class. It can be concluded that the use of Kahoot ! as a media for tenth graders of one of Senior High Schools in Lamongan influences their score in reading comprehension in narrative text.
Keywords: Kahoot!, Media, Reading Comprehension, Narrative Text.