COMPARATIVE EFFECTIVENESS OF PHYSICS LEARNING WITH PROBLEM-
BASED LEARNING MODELS AND GUIDED INQUIRY OF STUDENT’S CRITICAL
THINKING
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model
pembelajaran PBL dan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis,
keterlaksanaan pembelajaran, serta respons peserta didik setelah mengikuti pembelajaran fisika
dengan model PBL dan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methods
dengan metode true-experimental design dengan populasi penelitian ini adalah peserta didik di
SMAN 1 Taman, Sidoarjo tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, tes, dan angket. Sebelum diberi perlakuan proses pembelajaran dengan
model pembelajaran PBL, inkuiri terbimbing, dan konvensional (ceramah, diskusi, dan
penugasan), peserta didik diberikan pre-test untuk mengukur kemampuan dasar peserta didik.
Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran dalam tiga pertemuan, diberikan post-test untuk
mengetahui perbedaan hasil tes setelah kegiatan pembelajaran. Hasil tes keterampilan berpikir
kritis yang diperoleh dilakukan analisis dengan deskriptif statistik untuk menggambarkan keadaan
data, yang kemudian dilakukan perhitungan n-gain untuk mengetahui level peningkatan
keterampilan berpikir kritis, dan dilakukan uji-t-berpasangan untuk mengetahui adanya
peningkatan keterampilan berpikir kritis, serta dilakukan uji-t-independen untuk mengetahui
perbedaan n-gain pada masing-masing kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
keterlaksanaan pembelajaran fisika di kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol
tergolong sangat baik, begitu pula dari hasil observasi dengan lembar observasi aktivitas peserta
didik dan angket respons peserta didik yang tergolong dalam kategori sangat baik. Serta,
pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL lebih efektif digunakan dibandingkan
dengan model konvensional, dan kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif
digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan
pelaksanaan pembelajaran PBL. Implikasi dari penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing
dapat digunakan sebagai solusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis namun, tetap
memerlukan pengembangan penelitian dengan model inkuiri terbimbing.
Kata Kunci : problem-based learning, guided inquiry, metode ceramah, keterampilan berpikir
kritis, pembelajaran fisika
This research aims to describe the effectiveness of using the PBL and guided inquiry
learning model in improving critical thinking skills, learning implementation, and student
responses after participating in physics learning with the PBL and guided inquiry model. This type
of research is mixed methods research with a true-experimental design method with the research
population being students at SMAN 1 Taman, Sidoarjo for the 2023/2024 academic year. The data
collection methods used are observation, tests, and questionnaires. Before being treated with the
learning process using PBL, guided inquiry, and conventional learning models (lectures,
discussions, and assignments), students are given a pre-test to measure their basic abilities. After
carrying out learning activities in three meetings, a post-test was given to determine the differences
in test results after the learning activities. The critical thinking skills test results were analyzed
using descriptive statistics to describe the state of the data. N-gain calculations were carried out to
determine the level of improvement in critical thinking skills, and a paired t-test was carried out
to determine whether there was an increase in critical thinking skills. A t-test was carried out -
independently to find out the differences in n-gain in each class. The results of this research show
that the implementation of physics learning in experimental class 1, experimental class 2, and
control class is classified as very good, as well as the results of observations using student activity
observation sheets and student response questionnaires which are classified as very good. Also,
the implementation of guided inquiry learning and PBL is more effective compared to the
conventional model, and classes with guided inquiry learning are more effective in improving
students' critical thinking skills compared to implementing PBL learning. This research implies
that the guided inquiry model can be used as a solution to improving critical thinking skills,
however, it still requires research development using the guided inquiry model.
Keywords: problem-based learning, guided inquiry, lecture method, critical thinking skills,
physics learning