Gambaran Sibling Relationship Pada Remaja Dengan Saudara Kandung Autism Spectrum Disorder (ASD)
Description Of Sibling Relationship In Adolescents With Autism Spectrum Disorder (ASD) Siblings
Keberadaan seorang saudara kandung memiliki peran penting dalam keluarga. Relasi saudara atau sibling relationship dalam keluarga yang memiliki anak anak penyandang autism spectrum disorder menjadi perhatian khusus. Keterbatasan yang dimiliki oleh seorang penyandang autism spectrum disorder mempengaruhi hubungannya dengan saudaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran sibling relationship pada remaja yang memiliki saudara kandung penyandang autism spectrum disorder . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan terdiri dari dua orang remaja yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan saudara kandung yang terjalin antara kedua partisipan dan adiknya yang ASD merupakan hubungan yang dekat dan hangat. Hubungan antar keduanya didominasi oleh partisipan sebagai kakak serta ada rasa cemburu dan konflik dalam hubungannya. Saudara kandung anak ASD mengalami pengalaman yang bervariasi. Hubungan persaudaraan yang terjalin memberikan pengaruh pada masing-masing individu, baik bagi kakak maupun bagi adik yang ASD. Saudara kandung anak ASD dapat menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab dengan kehadiran saudaranya. Anak ASD yang memiliki interaksi baik degan saudara kandungnya mendapatkan pengaruh positif yang membantu dirinya agar tidak terisolasi dari dunia luar.
The existence of siblings has an important role in the family, especially in families that have children with autism spectrum disorder. The limitations that individuals with autism spectrum disorder have affect their relationships with their siblings. This study aims to explore how sibling relationships are described in adolescents who have siblings with autism spectrum disorder. This research uses a qualitative approach with a case study method. Participants were two teenagers selected through purposive sampling technique. Data collection was conducted through semi-structured interviews and analyzed using thematic analysis. The results indicated that the sibling relationships between the two participants and their younger siblings with ASD were close and warm. The relationship between the two was dominated by jealousy and conflict as they acted as older siblings. Siblings of children with ASD have diverse experiences. The existing brotherly relationship influences each individual, both older siblings and younger siblings with ASD. Siblings of ASD children can become independent and responsible individuals in the presence of their siblings. ASD children who have positive interactions with their siblings receive an influence that helps prevent them from isolating themselves from the outside world.