LEARNING STRATEGY IN THE ESEMKADA COMPANY EXTRACURRICULAR AT SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO CITY
SMK Negeri 2 Kota Probolinggo tidak hanya unggul pada bidang teknik dan industri. Kompeni Esemkada merupakan salah satu keunggulan dari SMK Negeri 2 Kota Probolinggo dalam bidang kesenian pada ekstrakurikuler musik kolaborasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Fokus permasalahan ditujukan pada proses pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler musik kolaborasi yang ditinjau dari aspek (1) strategi pembelajaran ekstrakurikuler, (2) tahapan atau langka-langka yang dilakukan dalam strategi pembelajaran ekstrakurikuler musik kolaborasi Kompeni Esemka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler musik kolaborasi dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik kolaborasi Kompeni Esemkada. Pengumpulan data berupa hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Penerapan strategi Cooperative dengan metode tipe Jigsaw sebagai implementasi dalam melatih peserta didik ekstrakurikuler musik kolaborasi. Metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode mentoring dan metode latihan (drill) sebagai metode pendukung. Harapan dalam tujuan pembelajaran agar dapat menarik minat dan bakat peserta didik juga sebagai wadah penyalur dan pengembangan potensi dalam bermusik.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Kompeni Esemkada.
SMK Negeri 2 Probolinggo does not only excel in engineering and industry. Kompeni Esemkada is one of the hallmarks of SMK Negeri 2 Probolinggo City in the field of art in collaborative music extracurriculars. The purpose of this research is to analyze how the learning strategy is carried out in extracurricular activities at SMK Negeri 2 Probolinggo City. The focus of the problem is aimed at the process of implementing learning in collaborative music extracurricular activities in terms of (1) extracurricular learning strategies, (2) stages or steps carried out in the Esemka Company collaboration music extracurricular learning strategy. This study uses a qualitative approach. The subjects of this study were the collaboration music extracurricular trainers and students who took part in the Esemkada Company collaboration music extracurricular activities. Data collection is in the form of results from observations, interviews, and documentation. This study uses a qualitative descriptive analysis technique, then the data is presented and conclusions are drawn. Cooperative strategy implementation with the Jigsaw type method as an implementation in training collaborative music extracurricular students. Lecture method, discussion method, demonstration method, mentoring method and drill method as supporting methods. It is hoped that the learning objectives will be able to attract the interests and talents of students as well as a vehicle for channeling and developing potential in music.
Keywords: Learning Strategies, Extracurriculars, Kompeni Esemkada.