Hs,
Atika Maulidina. Pengembangan Bahan Ajar Open Ended Terintegrasi Kearifan
Lokal Bangkalan untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Literasi
Budaya Siswa Sekolah Dasar Materi Pecahan. Tesis. Program Studi Magister
Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. 2024.
Pembimbing: (I) Dr. Wiryanto, M.Si. dan (II) Neni Mariana, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Kata
Kunci: Bahan Ajar, Open Ended, Kearifan Lokal, Bangkalan, Penalaran
Matematis, Literasi Budaya
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar open ended
terintegrasi kearifan lokal Bangkalan untuk meningkatkan penalaran matematis
dan literasi budaya siswa kelas IV, respon siswa setelah menggunakan produk,
dan peningkatan kemampuan penalaran matematis dan literasi budaya siswa kelas
IV setelah menggunakan produk.
Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan yang melibatkan subjek guru dan 34 siswa
kelas IVA SDN Demangan 1 Bangkalan. Desain penelitian yang digunakan adalah
ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi,
dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui teknik angket, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis dengan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Sejalan dengan tujuan
penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk bahan ajar yang
dikembangkan mendapat skor 90% untuk kevalidan, rata-rata tes 84 dengan
persentase jumlah siswa tuntas 88% untuk keefektifan, dan 92% untuk
kepraktisan. Hal ini menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria kelayakan
diantaranya dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas, (2) Secara
klasikal, siswa merespon positif pembelajaran menggunakan produk bahan ajar
dibuktikan dengan rata-rata skor angket respon 86%, (3) Serta terjadi
peningkatan kemampuan penalaran matematis dan literasi budaya siswa masing-masing
pada skor gain 76% dengan kriteria tinggi dan 65% dengan kriteria sedang setelah
menggunakan produk bahan ajar.