PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUKUN ISLAM UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN
DESIGNING BOARD GAME AS A PILLARS OF ISLAM LEARNING MEDIA FOR CHILDREN AGED 9-12 YEARS
Pendidikan agama merupakan pendidikan dasar yang mengajarkan manusia untuk mengenal, memahami, hingga mengamalkan ajaran agama Islam pada kehidupannya. Oleh karena itu, pentingnya memberikan pendidikan agama sejak dini untuk memudahkan individu dalam mencapai tujuannya. Board game muncul sebagai salah satu media yang menunjang kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Menghasilkan media permainan sekaligus media alternatif untuk kegiatan pembelajaran, (2) Menghasilkan konsep media pembelajaran anak usia 9-12 tahun untuk menambah pengetahuan rukun Islam melalui permainan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode R&D. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis menggunakan 5W+1H untuk mendapatkan konsep desain board game. Hasil dari penelitian ini berupa media permainan board game yang membahas rukun Islam. Media board game ini diuji cobakan pada anak-anak yang usia 9-12 tahun yang beragama Islam. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil yang terbatas, board game sudah bisa dijadikan sebagai media untuk menambah pengetahuan anak dengan cara yang menyenangkan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Board Game, Rukun Islam
Religious education is fundamental education that teaches people to know, understand, and practice Islamic teachings in their daily lives. Therefore, it is crucial to provide religious education from an early age to make it easier for individuals to achieve their goals. Board games appear as a medium that supports engaging and interactive learning activities. This research has the following objectives: (1) To develop game media as well as alternative media for learning activities, (2) To develop learning media concepts for children aged 9 to 12 years in order to increase students knowledge of the pillars of Islam through games. This research is qualitative research using the R&D method. The data collection approach includes observation, interviews, and literature studies. To generate a board game design concept, the data was analyzed using 5W+1H. Based on the findings of limited trials, board games can be used as a fun way to increase childrens knowledge.
Keywords: Learning Media, Board Game, Pillars of Islam