ABSTRAK
Sholichah, Amaliyah Mutiatus. 2018. Strategi Komunikasi Guru SMA Negeri 1 Waru dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Suhartono, M.Pd., dan (2) Dr. Mintowati, M.Pd.
Kata Kunci: strategi komunikasi, faktor penyebab penggunaan strategi komunikasi, fungsi strategi komunikasi, dampak strategi komunikasi
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menghasilkan deskripsi tentang bentuk strategi komunikasi guru, faktor yang menyebabkan guru dalam menggunakan strategi komunikasi, fungsi strategi komunikasi guru, dan dampak penggunaan strategi komunikasi tersebut terhadap peserta didik dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Waru. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah metode simak dan metode cakap, karena data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan dengan menyimak tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dan wawancara, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode padan ekstralingual dengan alat penentu referensial dan pragmatis, yaitu alat penentu yang didasarkan pada teori yang digunakan dalam menganalisis dan alat penentu yang didasarkan pada lawan tutur.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pertama, bentuk strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru SMAN 1 Waru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi strategi penghindaran, strategi parafrase, dan strategi transfer. Adapun bentuk strategi yang dominan digunakan/dipakai oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah strategi pemakaian kata tidak perlu yang termasuk dalam strategi parafrase, umumnya dalam bentuk pengulangan kata, frasa, atau klausa. Kedua, faktor penyebab penutur (guru) dalam menggunakan strategi komunikasi tertentu di antaranya adalah level penguasaan bahasa penutur; perolehan metode atau tugas khusus (deskripsi gambar, rekonstruksi gambar, penerjemahan, melengkapi kalimat, pertuturan, transmisi kata, atau wawancara); pengaruh bahasa pertama; dan berbicara bahasa kedua. Namun demikian, berdasarkan keterangan yang diberikan oleh guru melalui kegiatan wawancara tampak bahwa faktor yang menyebabkan guru melakukan strategi komunikasi yaitu adanya pengaruh bahasa pertama, adanya metode atau tugas khusus, dan level penguasaan penutur (dalam hal ini tidak hanya terbatas pada penguasaan bahasa melainkan pula pada situasi dan kondisi ketika pembelajaran berlangsung). Adapun faktor penyebab yang mendominasi guru melakukan strategi komunikasi adalah karena adanya metode atau tugas khusus. Ketiga, fungsi penggunaan strategi komunikasi oleh guru SMAN 1 Waru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia meliputi fungsi menginformasikan, mendidik, menghibur, dan memengaruhi. Dalam penelitian ini, berdasarkan pernyataan guru melalui hasil wawancara, ditemukan bahwa fungsi menginformasikan merupakan fungsi yang mendominasi atas penggunaan strategi komunikasi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Keempat, dampak yang timbul atas penggunaan strategi komunikasi tertentu oleh guru SMAN 1 Waru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat melalui tanggapan yang diberikan oleh peserta didik setelah guru menggunakan strategi komunikasi tertentu. Adapun hasil dalam penelitian ini, dampak atau pengaruh yang tampak berupa tanggapan verbal dan nonverbal. Namun demikian, pengaruh berupa tanggapan verbal lebih sering ditemukan atau digunakan oleh peserta didik.
ABSTRACT
Sholichah, Amaliyah Mutiatus. 2018. Communications Strategy of SMA Negeri 1 Waru in The Learning Indonesian Language. Thesis, Education of Indonesian Language and Literature, Graduate Program, State University of Surabaya. Mentor: (1) Dr. Suhartono, M.Pd., and (2) Dr. Mintowati, M.Pd.
Keywords: communication strategy, the causes of using the communication strategy, communication strategy function, impact of communication strategy
This study aims to analyze and yield a description of on the communications strategy of teachers, the causes of teachers in using the communication strategy, the function of the communication strategy of teachers, and the impact of communication strategy the use of students in the learning the Indonesian language in SMA Negeri 1 Waru. The method used to collect data in research is scrutinized and capable methods, because the data in this research obtained by observation with the teachers speech in the Indonesian language learning activities and interviews, while the method used to analyze the data in this study is the extralingual equal method with reference and pragmatic determinants, namely instruments determiner that based on a theory used in analysis and tools determiner that based on an opponent said.
The result of the study is the first, the communication strategy done by teachers of SMA Negeri 1 Waru in Indonesian language learning activities which includes avoidance strategy, paraphrasing strategy, and transfer strategy. The dominant strategy form used by the teacher in the learning activities is the strategy of using unnecessary words that are included in paraphrasing strategy, generally in the form of repetition of words, phrases, or clauses. Second, the factors that cause speakers (teachers) in using certain communication strategies include the level of mastery of speaker language; acquisition of specific methods or tasks (image descriptions, image reconstructions, translations, complete sentences, speeches, word transmissions, or interviews); the influence of the first language; and speaks a second language. However, based on the information given by the teacher through the interview activities it appears that the factors that cause teachers to do communication strategy are the influence of the first language, the existence of specific methods or tasks, and the level of mastery of speakers (in this case not only limited to the mastery of the language but also on situations and conditions as learning held). The causal factors that dominate the teacher to do the communication strategy are because of the method or special task. Third, the function of the use of communication strategies by teachers SMAN 1 Waru in Indonesian language learning activities include the function of informing, educating, entertaining, and influencing. In this study, based on teacher statements through interview results, it was found that the function of informing is a dominating function of the use of communication strategies by teachers in learning activities. Fourth, the impact that arises on the use of certain communication strategies by SMAN 1 Waru teachers in the Indonesian language learning activities can be seen through the responses given by the students after the teachers use certain communication strategies. As for the results of this study, the impact or influence that appears in the form of verbal and nonverbal responses. However, the influence of verbal responses is more often found or used by students.